Beberapa Poin Penting Pidato Mendikbud Nadiem Makarim

Diposting pada

Sudah menjadi keharusan, Hari Guru Nasional diperingati pada  setiap tanggal 25 November. Setiap lembaga pendidikan pasti mengadakan upacara peringatan hari tersebut. Maka pada hari dan tanggal itu pula,  Menteri Pendidikan membuat dan menyampaikan  pidato tertulisnya. Ada beberapa poin penting pidato Mendikbud Nadiem Makarim. Pada   setiap sekolah  yang mengadakan upacara Hari Guru Nasional, pidato tesebut bisa  dibacakan ulang.

beberapa poin penting pidato mendikbud nadiem makarim

Teks pidato Hari Guru Nasional yang dibuat oleh Nadiem Makarim menjadi viral. Karena pidato tersebut menjadi tumpuan pandangan  pada banyak kalangan  dan diperbincangkan di berbagai media.  Bukan saja karena ringkas atau singkat isinya, namun pidato Nadiem sangat sarat akan makna yang membuat banyak orang (terutama guru) tersentuh dan mengapresiasi intisari teks pidato tersebut.

Apa saja isi teks pidato Nadiem Makarim ?

Dewanguru  mengambil beberapa poin penting dari teks Nadiem Makarim. berikut ini uraiannya.

Motivasi agar setiap guru membuat inovasi

Sebenarnya Pendidikan tak hanya menuntut kepada para siswa dan mahasiswa untuk kreatif dan banyak berkarya, namun Mendikbud Nadiem Makarim juga memberikan  motivasi/dorong kepada  para guru untuk berinovasi.  Tujuannya, selain dapat memberikan  pengetahuan baru bagi anak didiknya, anak didk  juga akan terinspirasi dari apa yang dilakukan gurunya.

Seseorang itu Sukses  karena berkarya, bukan menghafal.

Bagaimana tidak membuat orang jadi stres ! Hampir keseluruhan bahwa siswa dan mahasiswa lebih  memilih untuk menghapal agar menguasai pelajaran. Padahal tugas masa depan mereka adalah   lebih dibutuhkan  berkarya  dengan  sepenuh hati  daripada  sekedar  menghafal teori.

Potensi Anak didik  bukan dari hasil ujian

Banyak terjadi, dalam nilai raport  anak berprestasi mendapatkan peringkat 1 dari kelas 1 sampai kelas 6. Akan tetapi tatkala ujian nasional sama sekali tak mendapatkan peringkat. Sedih bukan ? Hal inilah yang sering membuat stres orang tua, terutama siswa maupun  mahasiswa. Mengapa ? Karena mereka dinilai mampu atau tidak, memiliki potensi atau tidak hanya dilihat  dari hasil ujian. Bukankah  banyak penyebab yang membuat hasil ujian tidak mencapai harapan ?

Kita tahu  bahwa setiap orang memiliki kebutuhan berbeda

Merupakan bagian dari beberapa poin penting pidato Mendikbud Nadiem Makarim, yaitu dalam menghadapi proses pembelajaran. Ada siswa yang menguasai beberapa pelajaran dan ada yang tidak. Akan  tetapi  tidak mungkin  bisa  menguasai seluruh pelajaran. Hal ini wajar bukan ? karena setiap orang memiliki kelebihan, kebutuhan dan bakat yang berbeda.

Ajakan perubahan sekecil apapun. Minimal  di lingkungan kelas yang diajarnya

Inti daripada pidato Nadiem Makarim yang terakhir adalah, mengajak kepada semua guru untuk saling  melakukan perubahan yang sekecil apapun walaupun hanya di lingkungan kelas sendiri yang diajarnya. Berikut beberapa poin perubahan yang dapat  dilakukan guru, yaitu antara lain :

– Ajaklah kelas (siswa)  berdiskusi,  bukan hanya sebagai  pendengar.

– Berikan pula  kesempatan  kepada murid untuk mengajar di kelas

Baca juga:

Sri Mulyani Tersindir Setelah Membaca Pidato Nadiem Makarim

Nadiem Makarim Perubahan Kurikulum Pendidikan Dasar Hingga Menengah

Motivasi Nadiem.M Perkembangan pendidikan di Indonesia

Program Pembinaan Profesional Guru

Penyebab Kesulitan Belajar Anak

– Berikan kesepakatan  bakti sosial yang melibatkan seluruh jenjang  kelas.

– Temukan /cari  bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.

– Tawarkan/ berikan bantuan  kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Pidato  Nadiem Makarim yang berupa teks  ini  mendapat sambutan positif dari berbagai pihak dan  kalangan, baik melalui media  secara langsung maupun di media dunia maya. Bahkan seorang tokoh pendidikan kita Dian Sastrowardoyo juga  memberikan tanggapan pidato tersebut.

Kita berdo’a dan  mengharap semoga saja ke depannya,  guru dapat memberikan yang lebih baik  bagi  murid-muridnya. Jika demikian  kemajuan siswa dan  bangsa dapat  berkembang sesuai dengan kemampuan dan  bakat masing-masing.

Semoga beliau (Nadiem Makarim) selalu dalam petunjuk dan Ridhan NYA.. Amiiin. Salam dewanguru.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.