Dewanguru.com

Mode Jurnal Harian Kelas 1 Tematik Semester 1 dan 2

Mode Jurnal Harian Kelas 1 Tematik Semester 1 dan 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.– Artikel berbagi Mode jurnal harian kelas 1 tematik semester 1 dan 2. Halo sahabat guru sekalian, bertemu kembali dengan saya admin dewanguru.com. semoga Anda semua dalam keadaan sehat wal’afiyat dan sukses selalu, Amiin.

Kali ini saya akanberbagi contoh jurnal harian tematik kelas 1 semester 1 dan 2. Tujuan saya untuk membantu tenaga pengajar dalam melengkapi berkas administrasi guru. . Tidak dapat dipungkiri bahwa jurnal memiliki peranan yang sangat penting bagi Anda bukan .

Fungsi Jurnal Pembelajaran Tematik

Kita sudah benar-benar maklum bahwa jurnal harian guru dirancang sebagai analisis perkembangan kompetensi siswa. Perkembangan kompetensi yang dianalisis tersebut meliputi:
a. Kompetensi pengetahuan
b. Kompetensi keterampilan
c. Kompetensi sikap

Untuk mengitegrasikan ketiga kompetensi di atas, maka Anda sebagai seorang guru diharapkan mampu membuat inovasi pembelajaran penuh kreasi. Caranya, memperkaya pengalaman pada saat melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Salah satu cara tersebut adalah Anda melakukan tindakan yang relevan yang Anda sesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing siswa Anda.

Nah, pada umumnya agenda harian guru (jurnal guru) pada kurikulum 2021 untuk SD MI, menyimpan catatan semua materi yang Anda berikan kepada siswa Anda. Yaitu materi sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan.

Sebagai contoh catatan pemberian materinya Anda cocokkan dengan kalender pendidikan, maka agenda harian (jurnal harian) Anda akan sama dengan kalender pendidikan.

Pada dasarnya, banyak manfaat dari mode jurnal harian kelas 1 tematik semester 1 dan 2 ini. Selain dapat Anda gunakan langsung dapat juga Anda jadikan sebagai referensi penyusunan berkas sejenisnya. Anda tinggal menyusun pada format kolom tabel sebagai berikut:
1. Kolom hari dan tanggal
2. Kolom tema atau judul buku
3. Kolom materi / subtema
4. Kolom urutan pembelajaran (PB}
5. Kolom KD (kompetensi dasar)
6. Kolom sumber materi
7. Kolom pelaksanan / kegiatan pembelajaran
8. Kolom penilaian / assesment

Karena begitu pentingnya jurnal harian guru ini bagi Anda, maka tidak heran jika catatan pemberkasan ini menjadi catatan agenda khusus. Sebab sebagai tolak ukur sejauh mana proses pembelajaran yang telah Anda laksanakan. Jika demikian, jurnal ini harus dibawa setiap Anda mengajar. Gunanya untuk mencatat hasil kegiatan yang baru saja Anda selesaikan.

Penyusunan Jurnal Harian Tematik

Pada jurnal pelaksanaan pembelajaran materi tematik kelas 1 semester 1 dan 2 ini, memuat beberapa komponen yang sudah diisikan, Jadi Anda tinggal memakainya.

Nah, jurnal materi tematik kelas 1 ini juga sudah memuat tanggal, kelas, semester, tema alokasi waktu, dan subtema mata pelajaran tematik k13 revisi terbaru. Sengaja saya bagikan untuk membantu Anda sebagai guru. Link materi tematik kelas 1 dapat Anda download / unduh dibawah postingan ini.

Jurnal harian tematik kelas 1
Semester 1
1 Kelas 1 SD MI Tema 1 [unduh]
2 Kelas 1 SD MI Tema 2 [unduh]
3 Kelas 1 SD MI Tema 3 [unduh]
4 Kelas 1 SD MI Tema 4 [unduh]

Semester 2
1 Kelas 1 SD MI Tema 5 [unduh]
2 Kelas 1 SD MI Tema 6 [unduh]
3 Kelas 1 SD MI Tema 7 [unduh]
4 Kelas 1 SD MI Tema 8 [unduh]

Baca juga :

Materi Ajar Tematik SD MI

RPP 1 Lembar SMP / MTs

Silahkan jika Anda ingin mengajukan pertanyaan, kritik dan saran. Atau memberi masukan, tulis di kolom komentar. Saya sebagai Admin dengan senang hati untuk menerimanya.

Kesimpulan
Contoh jurnal harian kelas 1 tematik semester 1 dan 2 ini, dapat Anda gunakan langsung dan dapat pula Anda jadikan sebagai referensi penyusunan berkas sejenisnya. Karena jurnal ini ini juga sudah memuat tanggal, kelas, semester, tema alokasi waktu. Dan kami sertakan pula subtema mata pelajaran. Jadi, Anda tinggal menyusun atau merubah pada format kolom tabelnya.

Demikian materi tematik kelas 1 semester 1 dan 2 yang dapat saya bagikan. Jika merasa artikel saya ini bermanfaat bagi Anda, silahkan untuk berbagi dengan tombol share dibawah melalui Facebook, WattsApp, Twitter maupun Google. Agar Anda juga dapat memberi manfaat untuk rekan guru yang lain.

Exit mobile version