Matrik Kisi-kisi Soal Harian Tematik Kelas 2 Semester 2

Diposting pada

Matrik Kisi-kisi Soal Harian Tematik Kelas 2 Semester 2 Dewanguru.com. Matrik kisi-kisi soal harian tematik kelas 2 semester 2. Isi artikel ini saya bagikan untuk anda sebagai guru. Terutama untuk anda guru kelas 1SD/MI. Melalui website ini saya akan bagikan kisi-kisi soal terbaru secara lengkap. Maka tepat sekali jika anda berada di website ini. Karena anda akan mendapatkan materi yang anda butuhkan.
Nah, ada kriteria khusus cara membuat kisi-kisi soal yang baik. Yaitu kisi-kisi yang memuat komponen yang mewakili isi soal. Sedangkan komponen muatan kisi-kisi, terperinci secara jelas sehingga mudah dipahami

Anda tidak perlu khawatir apabila saat ini sedang mencari matrik kisi-kisi soal. Karena file yang saya bagikan gratis dan tautan download saya sediakan di bawah postingan.

1 Pengertian Kisi-kisi

Kisi-kisi soal yaitu format dalam bentuk matriks yang diberi muatan pesan sebagai pedoman penyusunan soal. Dengan kata lain kisi-kisi soal adalah informasi yang Anda susun sebagai bahan penilaian. Baik penilaian metode pilihan ganda atau yang uraian.

2 Tingkat Muatan Kisi-kisi

Pembuatan kisi-kisi soal ada beberapa tingkatan. Tujuan dari tingkatan muatan tersebut adalah untuk menyesuaikan tingakat kemampuan siswa Anda.

Nah, di bawah ini tingkatan kisi-kisi soal.

2.1 Kisi-kisi Soal Tingkatan 1

Kisi-kisi tingkatan 1 adalah untuk siswa yang memiliki keterampilan standar minimal (Mengetahui). Apa sih kriteria siswa level 1 itu? Ini penjelasannya:

  • Siswa Anda mampu menunjukkan memori dasar dan pemahaman materi pelajaran. Disamping itu siswa level 1 dapat membuat generalisasi standar/sederhana.
  • Siswa mampu memecahkan masalah dalam pelaksanaan pembelajaran. Walaupun hanya dengan satu cara.
  • Siswa evel 1 juga mampu menerima pemahaman dasar tentang grafik/label.
  • Siswa level 1 memiliki kemampuan presentasi fakta dasar dengan menggunakan istilah sederhana.

2.2 Kisi-kisi Soal Tingkatan 2

Sedangkan kisi-kisi soal tingkatan 2 adalah siswa Anda yang memiliki kemampuan untuk penerapan (Menerapkan). Yang dimaksud kemampuan penerapan adalah siswa Anda mampu :

  • Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman materi yang Anda ajarkan
  • Menerapkan ide dan konsep dalam konteks tertentu
  • Menafsirkan dan menganalisis informasi dan data.
  • Memecahkan masalah rutin dalam pelajaran
  • Menafsirkan bagan, tabel, dan materi visual lainnya.
  • Menggunakan istilah dengan jelas dan teratur

2.3 Kisi-kisi Soal Tingkatan 3

Matrik kisi-kisi tingkatan 3 yaitu siswa yang memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning). Ciri-ciri kriteria kisi-kisi tingkatan 3 yaitu siswa mampu:

  1. Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang materi pembelajaran. Serta dapat menerapkan ide dan konsep dalam situasi dan cara yang berbeda.
  2. Menganalisis, dan mengevaluasi ide dan informasi secara faktual
  3. Menjelaskan hubungan informasi faktual.
  4. Menafsirkan ide-ide kompleks dalam pelajaran.
  5. Mengekspresikan ide yang nyata dengan benar.
  6. Menunjukkan pemikiran yang serius

Nah, sekarang Anda sudah memahami cara membuat kisi-kisi soal. Jika Anda tidak ada waktu untuk membuat, maka dibawah ini saya sediakan link berbagi kisi-kisi soal ph semester 2. Silahkan download contoh pembuatan kisi-kisi soal kelas 2 semester 2 di bawah ini.

1 kisi-kisi tematik kelas 2 tema 5
2 kisi-kisi tematik kelas 2 tema 6
3 kisi-kisi tematik kelas 2 tema 7
4 kisi-kisi tematik kelas 2 tema 8

Baca Juga: Soal UAS SMA Semester 2 dan Kunci Jawaban

Demikian informasi kisi-kisi soal harian tematik kelas 2 semester 2 yang dapat saya bagikan pada Anda. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang masih baru dalam membuat kisi-kisi soal. Dan harapan saya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia pendidikan.
Anda tidak perlu khawatir pada referensi kisi-kisi soal yang saya bagikan. Karena bahan materinya sudah direvisi pada tahapan yang terbaru. Jadi, anda dapat menggunakannya untuk keperluan proses penilaian pada siswa.

Kesimpulan

Apabila kisi-kisi soal harian tematik ini ada manfaatnya, bantulah rekan-rekan anda atau saudara dekat anda. Caranya,! Bagikan link sosial media di bawah artikel ini. Dengan begitu rekan anda juga mendapatkan materi secara mudah. Sehingga mereka termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan proses penilaian.