Kisi-Kisi PAI PAS SMP Kelas 7 Semester 1 Revisi 2018

Diposting pada

Kisi-Kisi PAI PAS SMP Kelas 7 Semester 1 Revisi 2018 Dewanguru.com. Kisi-kisi PAI PAS SMP kelas 7 semester 1 revisi 2018. Sebelum Anda menyusun soal penilaian akhir semester (PAS), terlebih dahulu Anda harus menyusun kisi-kisi soal. Karena untuk mengetahui kemampuan siswa Anda dalam pemahaman materi pelajaran. Jadi, Anda dalam membuat kisi-kisi soal hendaknya ada indikator yang menjadi pedoman penyusunan soal.

1. Pengertian Kisi-kisi Soal

Kisi-kisi PAI soal adalah panduan dalam bentuk matriks pembelajaran untuk menyusun dan merakit soal-soal bahan penilaian. Atau dengan kata lain informasi yang Anda susun sebagai bahan pedoman penilaian.

Dalam artikel ini saya berbagi file kisi-kisi PAI PAS SMP/MTs kelas 7. File yang saya bagikan ini adalah sebagai persiapan Anda dalam memberikan ulangan penilaian harian semester ganjil

2. Tujuan Pembuatan Kisi-kisi Soal

Setiap guru membuat atau menyusun kisi-kisi bukan tanpa tujuan. Nah, pengadaan kisi-kisi bertujuan agar soal yang Anda hasilkan dapat mencakup kedalaman isi materi dari indikator pembelajaran. Dan juga mencakup kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus pembelajaran.
Secara ringkas tujuan pembuatan kisi-kisi adalah agar soal yang Anda buat mencakup materi ajar yang telah Anda berikan. Sehingga siswa Anda mampu untuk memecahkan masalah dalam proses pengadaan penilaian tersebut.

Agar siswa Anda mampu memecahkan masalah tatkala penilaian, maka buatlah indikator soal yang mudah dPAIhami siswa Anda. Untuk itu ikuti panduan langkah-langkah pembuatan kisi-kisi soal yang baik.

3. Cara Membuat Kisi-kisi Soal

Agar Anda dapat membuat kisi-kisi PAI (Pendidikan Agama Islam) dengan baik hendaknya Anda bergabung organisasi KKG. Atau Anda belajar sendiri melalui situs pendidikan melalui internet / Google.

Sebelum Anda menuangkan beberapa pedoman bahan penilaian/indikator soal, cantumkan terlebih dahulu KD (Kompetensi Dasar). Kenapa? Karena kompetensi dasar merupakan keterampilan minimal yang harus dikuasai siswa Anda. Yaitu keterampilan setelah siswa Anda mempelajari materi pelajaran yang telah Anda berikan. KD ini Anda ambil dari silabus/kurikulum.

Dengan materi pelajaran yang telah Anda berikan, maka materi yang dikuasai siswa sudah terukur berdasarkan KD.
Nah, kemudian anda tinggal menyusun atau memberi indikator.
Apa itu indikator?
Indikator adalah rumusan yang memuat beberapa aspek perilaku yang Anda ukur sebagai pencapaian KD

Langkah-langkah untuk susunan kisi-kisi

  1. Tentukan KD yang akan diukur (terdapat dalam silabus atau RPP)
  2. Memilih bahan materi ajar yang telah Anda ajarkan / berikan
  3. Memuat rumusan indikator yang berpedoman pada KD. Serta memperhatikan materi ajar dan tingkat kognitif.

4. Tautan Kisi-kisi Soal PAS PAI Kelas 7

Kisi-kisi PAI Soal PAS SMP semester 1 kelas 7 ini terdiri dari beragam bahan referensi dan pembelajaran. Atau Anda akan menyusun kisi-kisi dalam bentuk pilihan ganda dan soal uraian.
Nah, di bawah ini saya berikan tautan berbagi kisi-kisi PAS PAI SMP kelas 7.
Meskipun telah saya susun rapi, alangkah baiknya jika Anda memeriksa kembali untuk mengurangi kesalahan.

Kisi-kisi PAS PAI Kelas 7 semester 1 -download

Baca Juga:
Kisi-kisi PAS IPA SMP Kelas 7 Semester 1
Kisi-kisi PAS IPS SMP Kelas 7 Semester 1

Demikian kisi-kisi PAI PAS SMP kelas 7 semester 1. Semoga menjadi bahan acuan dan referensi bagi Anda dalam menyusun soal PAS SMP. Anda tinggal memodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda dan situasi di sekolah Anda sendiri.

Apakah informasi ini bermanfaat? Jika iya, luangkan waktu Anda sejenak dengan memberikan komentar atau berbagi pada teman Anda. Caranya silahkan klik link sosial yang ada dibawah.

Kesimpulan

Penyusunan kisi-kisi Soal PAS SMP/MTs kelas 7 merupakan sebuah kerangka dasar dalam pembuatan dan penyusunan soal. Program yang dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi.

Baca Juga: Materi Ajar PPT (PowerPoint) IPA Kelas 7 Lengkap

Pada umumnya penyusunan kisi-kisi PAS disusun oleh sekelompok Guru. Yaitu sebuah organisasi yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di wilayah Anda. Dengan adanya KKG penyusunan kisi-kisi soal PAS/UAS bisa terkordinir dan sesuai standar.