Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik SD/MI (Silabus)

Diposting pada

Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik SD/MI (Silabus) Dewanguru.com. Berkas alur tujuan pembelajaran Seni Musik SD/MI (silabus). Ini adalah materi yang sangat dicari khususnya untuk Anda sebagai guru. Karena di artikel ini akan saya bagikan alur tujuan pembelajaran terbaru jenjang sd mi secara lengkap. Karena saya berbagi pembelajaran kurikulum merdeka belajar dari kelas 1 (satu) sampai 6 (enam).

Maka tepat sekali jika Anda berada di website ini. Karena Anda akan mendapatkan referensi pembelajaran Seni Musik terbaru sd mi yang lengkap. Dan alur tujuan pembelajaran ini saya bagikan untuk Anda secara Gratis.

Alur tujuan tujuan pembelajaran jenjang sd mi sangat dibutuhkan. Apalagi di era kurikulum merdeka. Jika Anda mencari di website/blog tidak perlu khawatir apabila saat ini sedang memikirkan untuk menyusun.

Selain itu, alur tujuan pembelajaran Seni Musik ini masih terbaru. Mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, untuk semester 1 dan 2. Anda tidak perlu khawatir pembelajaran biaya atau dana, karena saya berbagi GRATIS
Bagaimana, penasaran? Yok ikuti ulasan ini. Lalu download filenya di artikel bagian bawah.

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran / ATP Seni Musik

Berikut ini adalah urutan menyusun alur tujuan pembelajaran ATP kurikulum merdeka. Caranya, silahkan Anda mulai dari menganalisis capaian pembelajaran (CP). Sesuaikan materi Anda pada tahapan atau fase perkembangan peserta didik Anda. Materi yang telah Anda tentukan di dalam susunan kurikulum merdeka belajar

Yang perlu Anda ketahui. Tujuan dari analisis capaian pembelajaran adalah untuk menyusun alur tujuan pembelajaran menjadi rujukan pelaksanaan. Kemudian dari pembelajaran itu Anda berlanjut pada pengembangan kedalam peta Kompetensi. Nah, pengembangan inilah yang akan Anda gunakan untuk menyusun perangkat ajar yang disebut Modul Ajar (MA).

Dalam penyusunan ATP Seni Musik SD/MI Kelas 1 sampai 6 Kementerian pendidikan memberikan kebebasan kepada guru. Dan juga satuan pendidikan dalam menyusun alur tujuan pembelajaran/silabus. Nah, alur tujuan pembelajaran/ATP yang Anda susun harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Muatan kompetensi SENI MUSIK harus mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa
  2. Buatlah urutan pengembangan kompetensi yang menggambarkan pencapaian peserta didik
  3. Kompetensi Seni Musik yang Anda masukkan harus memenuhi cakupan dan tahapan alur tujuan pembelajaran sesuai fase
  4. Berikan rujukan pada kompetensi yang tercantum pada capaian pembelajaran
  5. Bobot yang Anda susun berisi dimensi PPP (Profil Pelajar Pancasila)
  6. Memiliki potensi pokok ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Fungsi Alur tujuan pembelajaran Seni Musik

Apa itu alur tujuan pembelajaran? Sejauh mana Anda memahami prosedur dan fungsinya? Sebenarnya, kurikulum untuk satuan pendidikan tentu akan di fungsikan. Nah, alur tujuan pembelajaran/ATP memiliki fungsi yang sama dengan silabus. Yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran Anda di merdeka belajar.

Jadi jika satuan pendidikan memiliki kurikulum operasional dan alur tujuan pembelajaran, maka pengembangan perangkat ajar yang Anda kembangkan dapat merujuk pada kompetensi capaian pembelajaran. Jadi, buatlah pembelajaran yang mengindikasikan pada materi yang akan Anda ajarkan.

Nah, artikel ini akan membantu Anda dalam alur tujuan pembelajaran terbaru sd mi merdeka belajar. Pembelajaran untuk semester 1 dan 2. Atau Anda akan mencari pembelajaran yang lain?

Baca juga: RPP 1 Lembar akidah akhlak sd/mi lengkap

Apakah Pembelajaran Perlu diedit?

Anda tidak perlu ragu atau pun khawatir mengenai alur tujuan pembelajaran seni musik ini. Karena merupakan terbaru, maka saya dan rekan guru yang lain menyusun dari buku Seni Musik revisi yang baru. Sesuai dengan perangkat pembelajaran yang saya susun.

Jadi saya dan rekan guru dalam menyusun pembelajaran ini mengacu pada buku revisi terbaru. Oleh karena sumber materi saya adalah buku dan kurikulum yang terbaru.

Anda tinggal download saja. Mudah bukan?! Anda tidak perlu khawatir karena file yang saya bagikan ini GRATIS.

Tautan Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik/ATP

Satu hal lagi. Anda tidak perlu khawatir pada referensi alur tujuan pembelajaran seni musik yang saya bagikan. Karena bahan materi sudah direvisi pada tahapan yang terbaru. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk keperluan proses alur tujuan pembelajaran pada anak didik Anda. Nah, berikut ini filenya. Semoga berhasil dan bermanfaat.

File alur tujuan pembelajaran/ATP SENI MUSIK SD/MI Fase A B C.

  1. ATP Seni Musik: Fase A Model 1
  2. ATP Seni Musik: Fase B Model 1
  3. ATP Seni Musik: Fase C Model 1
  4. ATP Seni Musik: Fase A Model 2
  5. ATP Seni Musik: Fase B Model 2
  6. ATP Seni Musik: Fase C Model 2

Materi alur tujuan pembelajaran seni musik diatas sesuai dengan materi ajar pada revisi yang terbaru. Bagaimana menurut Anda?

Baca Juga:

  1. Modul Ajar B. Indonesia sd/mi Merdeka belajar Kelas 1-6
  2. Materi PowerPoint IPA SD/MI
  1. ATP Matematika SD/MI Fase A, B, C
  2. ATP IPA SD/MI Fase A, B, C
  3. ATP PJOK SD/MI Fase A, B, C
  4. ATP PKN SD/MI Fase A, B, C
  5. ATP Seni Musik SD/MI Fase A, B, C
  6. ATP Seni Rupa SD/MI Fase A, B, C
  7. ATP Seni Tari SD/MI Fase A, B, C
  8. ATP Seni Teater SD/MI Fase A, B, C
  9. ATP PAI SD/MI Fase A, B, C

Kesimpulan

Berkas materi alur tujuan pembelajaran Seni Musik terbaru sd mi merdeka belajar kelas 1-6. Pedoman untuk Anda sebagai guru dan Semua saya bagikan kepada Anda. Agar Anda mendapatkan kemudahan dalam mencari materi pembelajaran sd/mi yang relevan/efektif.

Maka sekarang Anda tidak perlu bingung membuat alur tujuan pembelajaran sd mi di kurikulum merdeka belajar.
“Yuk Tingkatkan Skill Merdeka Belajar Anda Bersama Dewanguru.com”