Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Kelas 4

Diposting pada

contoh rpp terbaru satu lembar bahasa indonesia kelas 4 Assalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh. RPP yang kami bagikan merupakan pengejawantahan dari Kurikulum 2013 yaitu edisi Revisi 2018. Perangkat yang terintegrasi sebagai kecakapan abad 21, pembelajaran HOTS, serta muatan Literasi. Sekarang admin akan berbagi Contoh RPP terbaru satu lembar bahasa indonesia kelas 4 dengan merujuk pada peraturan menteri pendidikan no 14 tahun 2019 yang diantaranya tentang penyederhanaan RPP.

Model RPP Bahasa Indonesia Satu Halaman SD/MI

Model dan strategi pembelajaran tetap diselenggarakan untuk mengembangkan seluruh potensi siswa melalui penggunaan atau penerapan pendekatan, pembelajaran yang inovatif. Bertumpu pada keaktifan belajar siswa (student centered learning / SCL). Lebih kontekstual, dapat memanfaatkan berbagai macam sumber belajar.

Tidak ketinggalan pula teknologi pendidikan yang integratif dengan materi pembelajaran guru masing-masing. Sebagai acuannya adalah: Peraturan Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 standar Penyusunan RPP yang di sederhanakan menjadi tiga komponen yaitu: tujuan Pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan Assesment / penilaian.

Link Download RPP Terbaru Satu Lembar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1

Download Juga:
RPP Satu Halaman Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Halaman Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

RPP Satu Halaman Fikih SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Halaman Fikih SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

RPP Satu Halaman Akidah Akhlak SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Halaman Akidah Akhlak SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 6 Semester 1
Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 6 Semester 2

Promes Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
Promes Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

Untuk pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan tersebut, Anda dapat mempelajari pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran terlebih dahulu. Kemudian setelah mengetahui, diharapkan Anda dapat melaksanakan dalam proses pembelajaran. yang merujuk pada tiga komponen diatas.

Untuk menambah ide atau gagasan, Anda dapat menggunakan video tentang pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang berbasis student centered learning (SCL).
Denagan catatan tidak boleh keluar dari Surat Edaran Mendikbud Nadiem Makarim No 14 Tahun 2019, tentang RPP satu Lembar/Halaman

Cara Penyusunan Contoh Rpp Satu Lembar.

Nah, untuk dapat menyusun Contoh RPP Terbaru satu lembar kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, harus kita pelajari terlebih dahulu pengertian pendekatan pembelajaran saintifik atau dikenal dengan sebutan 5M :

Berikut ini pengertiannya secara singkat:
1. Mengamati, yaitu kegiatan mengidentifikasi objek melalui penginderaan. Indera penglihat (membaca dan menyimak), mendengar, pengrasa dan peraba.

2. Menanya,adalah kegiatan mengungkapkan suatu yang ingin diketahuinya. Baik yang berhubungan dengan, peristiwamaupun proses tertentu. Contoh pertanyaan dapat secara lisan mapun tulisan. Dapat pula berupa kalimat yang hipotesis sehingga siswa dapat merumuskan masalah secara mandiri.

3. Mengumpulkan data,( Mengekplorasi/menalar) yaitu kegiatan untuk mencari informasi untuk dianalisa dan disimpulkan. Pelaksanaan kegiatan ini bisa dilakukan dengan membaca buku, observasi, uji coba, membagikan kuesioner, wawancara, dan lain-lain.

Artikel Terkait:
Pentingnya Sosok Guru Dalam Mempertahankan Budaya Daerah
Cara Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme Pada Anak Didik

4. Mengasosiasi atau mencoba. Ini adalah kegiatan mengolah data dalam berbagai aktivitas fisik dan pikiran dibantu media tertentu. Caranya dengan klasifikasi, menghitung, mengurutkan, membagi, dan menyusun data agar menjadi informatif. Sertakan sumber data agar lebih bermakna.

5. Mengomunikasikan (diskusi / networking) : kegiatan siswa untuk mendeskripsikan dan menyampaikan temuannya dari hasil kegiatan mengamati, menanya, mengekplorasi dan mengolah data, serta mencoba yang ditujukan kepada orang lain.

Artikel terkait:
Prota Tematik SD/MI Kelas 1 – 6 Semester 1
Prota Tematik SD/MI Kelas 1 – 6 Semester 1 

RPP perlu dipersiapkan karena merupakan kumpulan strategi dan pedoman pelaksanaan dalam mengajar pada edisi terbaru.

Demikian Format Contoh RPP satu lembar bahasa indonesia kelas 4 untuk SD/MI. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam isi maupun penulisan, kami harap kritik dan sarannya pada kolom komentar. Kami akan menerimanya dengan senang hati. Semoga bermanfaat. Amiiin
Wassalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

Tinggalkan Balasan