Kalender Pendidikan Untuk RA / Madrasah

Diposting pada

kalender pendidikan untuk ra / madrasah Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Dewanguru.com. Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu dalam kegiatan satuan pendidikan selama satu tahun pembelajaran. Pada bulan Mei Tahun 2020 kalender pendidikan untuk tahun 2020/2021 pada pendidikan RA dan Madrasah telah resmi diterbitkan. Kemudian kalender pendidikan untuk RA / Madrasah tahun  2020/2021 dikeluarkan Kementrian Agama Republik Indonesia.

Surat keputusan dengan Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kaldik untuk satuan pendidikan Jenjang Madrasah. Keputusan dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam bagi kanwil Kemenag Kabupaten / Kota di Seluruh Indonesia untuk RA dan Madrasah.

Berdasarkan  Surat Keputusan di atas, maka masing – masing instansi pendidikan di bawah naungan Kemenag RI diberikan keleluasaan untuk menyusun dan menggunakan Kalender Pendidikan tahun 2020/2021 dengan disesuaikan dengan daerah masing –masing.

Di tingkatan RA (Raudlatul Athfal)  dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) SK Dirjen Pendis dan Pedoman dari Kanwil Tentang penyusunan Kaldik 2020/2021,  merupakan dasar / pondasi dalam menyusun kalender di satuan pendidikan masing – masing.

Fungsi Kalender Pendidikan Untuk RA / Madrasah

Fungsi Kalender Pendidikan adalah untuk indikasi efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan / sekolah.

Fungsi Kalender Pendidikan juga untuk menyesuaikan antara ketentuan hari efektif dengan hari non efektif pada sekolah.

Bagi guru, Kalender Pendidikan digunakan sebagai pedoman penyusunan Prota (Program Tahunan), Promes (Program Semester), Silabus, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Kalender Pendidikan atau yang biasa disebut Kaldik merupakan bagian dari administrasi atau instrumen penting. Karena dengan adanya kalender pendidikan instansi yang terkait dengan  sekolah dapat tersusun dengan baik.

Dengan adanya Kalender pendidikan untuk RA / Madrasah maka guru ataupun pendidik dapat menyusun langkah–langkah pembelajaran. Sebagai contoh menyusun analisis minggu efektif, penyusunan prota (program tahunan), penyusunan promes / prosem (progaram semester) yang akan digunakan sebagai dasar / landasan pembuatan RPP.

Disamping itu, Kalender Pendidikan juga dapat  menjadi acuan untuk merencanakan kegiatan secara menyeluruh pada tahun pelajaran tersebut.

Walaupun kebijakan dinas pendidikan kabupaten/kota satu dengan lainnya terkadang memiliki perbedaan, akan tetapi harus tetap menyesuaikan susunan dalam Kalender Pendidikan.

Download Kalender Pendidikan Untuk RA / Madrasah

Bagi rekan-rekan guru yang ingin mendownload Kaldik Tahun 2020/2021, maka kami berikan link download di bawah ini.

Kalender Pendidikan RA / Madrasah 2020/2021

Demikian Kaldik RA dan Madrasah tahun 2020/2021 yang bisa kami bagikan semoga bisa bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi juga artikel – artikel menarik di bawah ini.

Download Kalender Pendidikan RA / Madrasah 2020/2021 pdf

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan