Pelajaran Tematik PowerPoint SD MI Kelas 1 Terbaru

Diposting pada
Pelajaran Tematik PowerPoint SD MI Kelas 1 Terbaru
Pelajaran Tematik PowerPoint SD MI Kelas 1 Terbaru

Dewanguru.com- Pelajaran tematik powerpoint sd mi kelas 1 terbaru. Materi ini adalah Pelajaran tematik PowerPoint terbaru kurikulum 2013. Anda sebagai guru tentu akan terbantu dalam penyampaian materi. Karena pembelajaran dilakukan dengan terstruktur dalam bentuk tampilan yang menarik dan mudah.

Sebenarnya, pembelajaran efektif tidak terfokus pada pada siswa Anda dalam hasil belajar. Akan tetapi pembelajaran yang Anda sampaikan dapat memberikan pemahaman dan perubahan sikap siswa Anda. Nah, untuk itulah diperlukan salah satu penunjangnya. Diantara adalah Pelajaran ppt (PowerPoint presentase).
Yang menjadi permasalahan, apa yang harus Anda miliki sebagai penunjang proses pembelajaran Anda?

Baca Juga:
Soal UAS/PAS SMP Kelas 7 Lengkap

Pelajaran Tematik Model PowerPoint

Hendaknya Anda memperhatikan beberapa faktor penunjang dalam keberhasilan pembelajaran Anda. Agar pembelajaran yang Anda sampaikan lebih efektif. Nah, salah satu faktor penunjangnya adalah struktur materi pelajaran menggunakan beberapa alat tehnologi media. Seperti komputer/laptop, proyektor, VCD/DVD, audio dan lain-lain.
Maka gunakanlah beberapa penunjang pelajaran powerpoint/ppt diatas. Agar penyampaian materi dapat menarik perhatian anak didik Anda. Sehingga siswa Anda mengikuti proses pembelajaran dengan aktif dan kreatif. Bahkan akan semakin kritis dan antusias yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Format Powerpoint

Kita berbicara tentang Pelajaran ppt tematik SD MI terbaru. Maka Anda akan banyak menemukan kelebihan dan kemudahan media PPT (powerpoint presentase). Tentu saja menjadikan media tersebut untuk menjadikan materi lebih efektif dan efisien.
Karena dengan pelajaran tematik powerpoint Anda dapat memberikan informasi melalui teks/tulisan. Kemudian bahan ajar ppt tersebut Anda lengkapi dengan video, animasi gambar, audio/sound dan berbagai kreasi Anda lainnya. Dengan begitu Anda membuat pembelajaran yang interaktif pada anak didik Anda.
Nah, pada akhirnya Anda dapat membangkitkan pembelajaran melalui media bahan ajar PPT (powerpoint presentase).
Nah, di bawah ini adalah beberapa kelebihan pelajaran dengan media powerpoint.

Kelebihan Format Powerpoint

  1. 1. Waktu yang Anda gunakan dalam pembelajaran lebih efisian, jadi Anda tidak perlu menulis pelajaran/materi di papan tulis
  2. Dengan media powerpoint maka proses pembelajaran lebih menarik. Karena Anda dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video pada media tersebut.
  3. Sistem pembelajaran Anda dapat menjangkau peserta didik yang banyak. Jadi sangat cocok Anda gunakan dalam pembelajaran klasikal
  4. Meskipun media ini bersifat digital, Anda dapat menyajikan materi secara tatap muka.
  5. Pelajaran tematik powerpoint /Materi dapat ulas kembali. Maksudnya diberikan bergantian dari kelompok satu kelas ke kelas yang lain. Bahkan dari tahun pelajaran berikutnya. Karena satu alasan inilah maka media pelajaran powerpoint banyak digunakan.

Kelemahan Format Powerpoint

Keberhasilan pelajaran tematik powerpoint bisa meningkatkan, benarkah? Jika Anda cenderung media powerpoint dapat meningkatkan belajar maka sistem belajar siswa ditunjang oleh media tersebut.
Namun tidak semua media pembelajaran itu dapat meningkatkan sistem belajar siswa. Jika Anda tidak menguasai ilmu IT, software dan lain-lain maka penggunaan powerpoint/ppt akan berdampak kurang baik. Karena setiap media pembelajaran ada kelemahannya. Nah, diantara kelemahan pelajaran dengan ppt/powerpoint adalah:

  • Anda harus mempunyai bekal atau kemampuan yang cukup dalam bidang IT, khususnya software turunan dari Microsoft Office
  • Harus tersedianya listrik. Bahkan ketergantungan aliran listrik tersebut harus tinggi/cukup
  • Dana/harga sarana pendukungnya relatif mahal. Bagaimana tidak karena Anda harus memiliki beberapa perangkat antara Laptop, LCD, Projector dan lainnya
  • Anda harus mampu membuat media presentasi, jika tidak maka media pembelajaran powerpoint takkan berarti/bermakna.

Persoalannya adalah dimanakah anda mendapatkan materi pelajaran powerpoint/ppt? Inilah persoalan yang sangat Anda rakan/alami. Mungkinkah Anda akan membuat sendiri. Dengan mengetik tentu memerlukan ekstra waktu. Belum lagi pikiran yang menguras banyak energi.
Nah, di bawah ini saya akan berbagi kepada Anda. pelajaran tematik SD MI kelas 1. Soal dana tenang aja Gratis kok!

File Pelajaran Tematik PPt SD MI Kelas 1

Agar Anda lebih yakin pada materi yang saya bagikan, maka disini sedikit saya uraikan. Pelajaran tematik kelas 1 ini ada 8 tema yang terdiri dari beberapa subtema. Adapun temaya adalah sebagai berikut:
1. Tema 1 Diriku
2. Tema 2 Kegemaranku
3. Tema 3 Kegiatanku
4. Tema 4 Keluargaku
5. Tema 5 Pengalamanku
6. Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, Asri
7. Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitar ku
8. Tema 8 Peristiwa Alam

Penyajian Pelajaran PPT tematik ini menggunakan teks yang dilengkapi dengan aplikasi powerpoint seperti gambar animasi. Sehingga mudah untuk disampaikan pada anak didik Anda. Nah, di bawah ini materinya!

File Tematik Semester 1

1. Tematik kelas 1 tema 1 Diriku

a subtema 1– unduh
b subtema 2 unduh
c subtema 3unduh
d subtema 4– unduh

2. Tematik kelas 1 tema 2 Kegemaranku
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3 unduh
d subtema 4– unduh

3. Tematik kelas 1 tema 3 Kegiatanku
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

4. Tematik kelas 1 tema 4 Keluargaku
a subtema 1– unduh
b subtema 2 unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4 unduh

Tematik Kelas 1 Semester 2

1. Tema 5 Pengalamanku
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

2. Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

3. Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitar ku
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

4. Tema 8 Peristiwa Alam
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

Mudahnya aplikasi powerpoint sebagai media presentase materi ajar, maka banyak diminati oleh para guru. Termasuk Anda, benar bukan? Bahkan media ini menjadi trending saat ini. Metode pembelajarannya pun beragam. Baik yang dalam kelas / tatap muka maupun yang secara daring.

Kesimpulan

Pelajaran powerpoint/ppt tematik SD MI sudah saya bagikan. Namun pelajaran ini harus menggunakan beberapa peralatan modern. Seperti komputer / laptop, android, VCD/plashdish, proyektor, audio/sound dan sebagainya.
Semoga proses pelaksanaan pembelajaran Anda lebih efektif. Akan tetapi apabila Anda menyusun materinya menggunakan media yang saya berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.