Media Materi Ajar PPT Tematik Kelas 2 SD MI Lengkap

Diposting pada
Media Materi Ajar PPT Tematik Kelas 2 SD MI Lengkap ( Bupena ).
Media Materi Ajar PPT Tematik Kelas 2 SD MI Lengkap

Dewanguru.com. -Media materi ajar ppt tematik kelas 2 sd mi lengkap ( bupena ). Materi ini merupakan Pelajaran tematik SD/MI dalam format mikrosoft PowerPoint. Pada artikel yang telah lalu, saya sudah pernah posting bahan ajar tematik powerpoint. Untuk yang kali ini saya akan kembali berbagi materi ajar tematik ppt / powerpoint dengan medel yang terbaru.
Penyusunan media materi ajar ppt tematik bertujuan membantu Anda sebagai guru dalam penyampaian materi. Sesuai pada judul di atas materi ini khusus untuk kelas 2.

Apabila pembelajaran Anda disusun secara terstruktur, maka dalam bentuk tampilan akan menarik dan mudah. Dan tentu akan sangat disukai oleh siswa Anda.

2 Penyusunan Media Materi Ajar PPT Tematik Kelas 2 SD MI

Pada dasarnya, pembelajaran efektif tidak harus fokus pada siswa Anda dari hasil belajarnya. Tapi pembelajaran efektif adalah materi ajar yang dapat memberikan pemahaman, perubahan sikap dan perilaku siswa Anda. Nah, untuk itulah diperlukan media penunjang pembelajaran. Nah di artikel ini saya bagikan materi ajar tematik ppt (PowerPoint persentase) terbaru kelas 2 sd mi.
Sekarang yang menjadi permasalahan, bisa atau sempat gak Anda menyusun materi tersebut?

Baca Juga;
RPP 1 Lembar A. Hadis MI Semester 2

Jadi tujuan penyusunan media materi ajar ppt adalah penunjang Anda dan siswa Anda dalam proses pembelajaran. Dengan ppt siswa Anda akan mudah menemukan pemahaman. Dan juga akan berubah sikap dan perilakunya.

Secara detail, manfaat materi ajar ppt adalah sebagai berikut.

3. Susunan materi ajar dalam bentuk slide.

Materi dalam bentuk ppt membuat dan mengatur materi ajar yang Anda susun dalam bentuk slide. Proses belajar dengan media ppt memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan perkembangan anak. Jadi gak ada salahnya kan kalau Anda juga menggunakannya.

3. Presentasi materi semakin menarik.

Presentasi materi powerpoint/ppt semakin menarik Karena didukung dengan tampilan template, audio, animasi, video, gambar. Bahkan Anda bisa menambahkan gambar 3D

3. Memudahkan persentator.

Media materi ajar ppt tematik yang disusun dalam bentuk ppt/powerpoint slide, sangat memudahkan Anda sebagai persentator. Bukankah Anda yang mempersentasikan informasi kepada siswa Anda agar mudah dipahami?

3. Persentasikan Tersusun Rapi

Materi ajar tematik yang Anda persentasikan tersusun dengan rapi. Baik itu dari pembuka sampai akhir/penutup

3. Materi berisi point-point pokok.

Materi yang Anda sampaikan hanya akan berisi point-point pokok Sehingga materi tematik lebih jelas dan mudah dipahami oleh siswa Anda. Bagaimana, menarik bukan?

2 Pemanfaatan Media PPT Pada Materi Tematik

Perlu Anda tahu bahwa PowerPoint bisa digunakan pada pendidikan anak SD/MI. Bahkan pada anak usia dini sekalipun. Karena memang media ini sangat menarik untuk menyusun materi ajar ppt tematik dalam proses pembelajaran Anda.
Ada beberapa manfaat ppt/powerpoint untuk anak usia SD/MI.

3 Menampilkan Materi Menggunakan Teks

Selain penampilan melalui video dan gambar, ppt juga menampilkan teks/tulisan. Pembelajaran dengan teks merupakan presentasi pokok. Karena teks merupakan penjelasan yang dapat menceritakan apa telah mereka saksikan.
Melalui penampilan teks dapat pula mengembangkan kemampuan kognitif anak didik Anda

3 Menampilkan Materi Ajar Melalui Video

Anda dapat memanfaatkan media powerpoint atau ppt dengan video. Misalnya Anda menyampaikan tema yang terdapat hewan. Nah, Anda dapat menampilkan binatang-binatang buas melalui video. Mereka akan menyaksikan materi melalui tayangan video. Layaknya mereka nonton bareng di bioskop bersama teman-temannya.

3 Menampilkan Materi Ajar dengan Gambar

Presentasi media materi ajar ppt tematik kelas 2 sd mi dengan menggunakan gambar bisa menjadi bagian pengalaman yang baru untuk anak didik Anda. Karena penyampaian materi ajar tematik menggunakan gambar sangat menyenangkan bagi anak didik Anda. Mereka akan menyaksikan materi melalui tayangan gambar.

3 Menampilkan Materi Melalui Gambar 3D

Seperti contoh penampilan pada media materi ajar tematik di bawah ini. Penggunaan media ppt/PowerPoint pada tema makhluk hidup. Dalam contoh berikut adalah binatang buas.. Nah, berikut ini contoh tampilan materi ajar ppt/PowerPoint dengan gambar 3D

Hendaknya Anda memperhatikan beberapa faktor penunjang dalam keberhasilan pembelajaran Anda. agar Materi ajar ppt tematik pembelajaran yang Anda sampaikan lebih efektif. Nah, salah satu faktor penunjangnya adalah struktur materi pelajaran menggunakan beberapa alat teknologi media. Seperti komputer/laptop, proyektor, VCD/DVD, audio dan lain-lain.
Maka gunakan beberapa penunjang pelajaran powerpoint/ppt diatas. Agar penyampaian materi dapat menarik perhatian anak didik Anda. Sehingga siswa Anda mengikuti proses pembelajaran dengan aktif dan kreatif. Bahkan akan semakin kritis dan antusias yang tinggi.

4 Efektifkah Media materi Ajar PPT pada Tematik?

Kita berbicara tentang media materi ajar ppt tematik SD MI terbaru. Maka Anda akan banyak menemukan kelebihan dan kemudahan media PPT (powerpoint presentase). Tentu saja menjadikan media tersebut untuk penyusunan materi lebih efektif dan efisien.
Karena dengan pelajaran tematik powerpoint Anda dapat memberikan informasi melalui teks/tulisan. Kemudian bahan ajar ppt tersebut Anda lengkapi dengan video, animasi gambar, audio/sound dan berbagai kreasi Anda lainnya. Dengan begitu Anda membuat pembelajaran yang interaktif pada anak didik Anda.
Nah, pada akhirnya Anda dapat membangkitkan pembelajaran melalui media materi/bahan ajar PPT (powerpoint presentase).
Nah, di bawah ini adalah beberapa kelebihan pelajaran dengan media powerpoint.

5 Kelebihan Media PPT/Powerpoint

1. Waktu yang Anda gunakan dalam pembelajaran lebih efisien, jadi Anda tidak perlu menulis pelajaran/materi di papan tulis
2. Dengan media materi ajar ppt/powerpoint maka proses pembelajaran lebih menarik. Karena Anda dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video pada media tersebut.
3. Sistem pembelajaran Anda dapat menjangkau peserta didik yang banyak. Jadi sangat cocok Anda gunakan dalam pembelajaran klasikal
4. Meskipun media ini bersifat digital, Anda dapat menyajikan materi secara tatap muka.
5. Pelajaran tematik powerpoint /Materi dapat ulas kembali. Maksudnya diberikan bergantian dari kelompok satu kelas ke kelas yang lain. Bahkan dari tahun pelajaran berikutnya. Karena satu alasan inilah maka media pelajaran powerpoint banyak digunakan.

5 Kelemahan Media PPT/Powerpoint

Keberhasilan pelajaran tematik powerpoint bisa meningkatkan, benarkah?
Namun tidak semua media pembelajaran itu dapat meningkatkan sistem belajar siswa. Jika Anda tidak menguasai ilmu IT, software dan lain-lain maka penggunaan powerpoint/ppt akan berdampak kurang baik. Karena setiap media pembelajaran ada kelemahannya. Nah, diantara kelemahan pelajaran dengan ppt/powerpoint adalah:

1. Anda harus mempunyai bekal atau kemampuan yang cukup dalam bidang IT, khususnya software turunan dari Microsoft Office
2. Harus tersedianya listrik. Bahkan ketergantungan aliran listrik tersebut harus tinggi/cukup
3. Dana/harga sarana pendukungnya relatif mahal. Bagaimana tidak karena Anda harus memiliki beberapa perangkat antara Laptop, LCD, Projector dan lainnya
4. Anda harus mampu membuat media presentasi, jika tidak maka media pembelajaran powerpoint takkan berarti/bermakna.

Media materi ajar ppt tematik terbaru memang menyenangkan. Yang jadi persoalan adalah di manakah anda mendapatkannya? Inilah masalah yang sangat Anda rasakan/alami. Mungkinkah Anda akan membuat sendiri. Dengan mengetik tentu memerlukan ekstra waktu. Belum lagi pikiran yang menguras banyak energi.

Nah, di bawah ini saya akan berbagi kepada Anda. pelajaran tematik SD MI kelas 2. Soal dana tenang aja Gratis kok!

2 Materi ajar PPT Tematik Kelas 2 SD MI lengkap

Agar Anda lebih yakin pada materi ajar ppt tematik yang saya bagikan, maka disini sedikit saya uraikan. Pelajaran tematik kelas 2 ini ada 8 tema yang terdiri dari beberapa sub tema. Adapun tema adalah sebagai berikut:
1 Tema 1 Hidup Rukun
2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku
3 Tema 3 Tugasku Sehari-hari
4 Tema 4 Lingkunganku Bersih dan Sehat
5 Tema 5 Pengalamanku
6 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
7 Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitar ku
8 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Penyajian media materi ajar PPT tematik kelas 2 SD MI dilengkapi dengan aplikasi powerpoint seperti gambar animasi. Sehingga mudah untuk disampaikan pada anak didik Anda. Nah, di bawah ini materinya!

3 Materi PPT Tematik Kelas 2 Semester 1

1 Tema 1 Hidup Rukun
a subtema 1 unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3– unduh
d subtema 4– unduh

3 Tema 3 Tugasku Sehari-hari
a subtema 1– unduh
b subtema 2– unduh
c subtema 3 unduh
d subtema 4 unduh

4 Tema 4 Lingkunganku Bersih dan Sehat
a subtema 1– unduh
b subtema 2 unduh
c subtema 3unduh
d subtema 4 unduh

Nah, media Materi ajar ppt tematik terbaru kelas 2 sd mi lengkap sudah saya bagikan pada Anda. Motif aplikasi powerpoint sebagai media presentase materi ajar memang baik. Makanya banyak diminati oleh para siswa dan guru. Termasuk Anda, benar bukan? Bahkan media materi ajar ini menjadi trending saat ini. Metode pembelajaran pun beragam. Baik yang dalam kelas / tatap muka maupun yang secara daring.

Kesimpulan

Materi ajar tematik ppt terbaru kelas 2 sd mi saya bagikan. Namun pelajaran ini harus menggunakan beberapa peralatan modern. Seperti komputer / laptop, android, VCD/plashdish, proyektor, audio/sound dan sebagainya.
Semoga proses pelaksanaan pembelajaran Anda lebih efektif.

Tinggalkan Balasan