Kisi-Kisi Bahasa Jawa PAT SMP Kelas 7 Semester 2

Diposting pada

Kisi-Kisi Bahasa Jawa PAT SMP Kelas 7 Semester 2 Dewanguru.com. kisi-kisi bahasa Jawa PAT smp kelas 7 semester 2 tahun 2022. Anda pernah menyusun soal penilaian akhir semester (PAT) bukan? Nah, biasanya terlebih dahulu Anda harus menyusun kisi-kisi soal. Karena untuk mengetahui kemampuan siswa Anda dalam pemahaman materi pelajaran. Jadi, Anda dalam membuat kisi-kisi soal hendaknya ada indikator yang menjadi pedoman penyusunan soal.

1. Pengertian Kisi-kisi Bahasa Jawa

Kisi-kisi bahasa jawa PAT adalah matriks pembelajaran untuk menyusun soal-soal pelajaran bahasa jawa sebagai penilaian. Atau dengan kata lain informasi yang Anda susun sebagai bahan pedoman penilaian.

Dalam artikel ini saya berbagi file kisi-kisi soal bahasa Jawa SMP kelas 7. File yang saya bagikan ini adalah sebagai persiapan Anda dalam memberikan ulangan penilaian harian semester genap

Jika Anda ingin mendalami tentang kisi-kisi soal, maka Anda dapat bergabung dengan organisasi KKG. Atau Anda belajar mandiri melalui situs atau blog pendidikan di google

2. Tujuan Penyusunan Kisi-kisi Soal

Setiap guru membuat atau menyusun kisi-kisi bukan tanpa tujuan. Nah, pengadaan kisi-kisi bertujuan agar soal yang Anda hasilkan dapat mencakup kedalaman isi materi dari indikator pembelajaran. Dan juga mencakup kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus pembelajaran.
Secara ringkas tujuan pembuatan kisi-kisi adalah agar soal yang Anda buat mencakup materi ajar yang telah Anda berikan. Sehingga siswa Anda mampu untuk memecahkan masalah dalam proses pengadaan penilaian tersebut.

Agar siswa Anda mampu memecahkan masalah tatkala penilaian, maka buatlah indikator soal yang mudah dipahami siswa Anda. Untuk itu ikuti panduan langkah-langkah pembuatan kisi-kisi soal yang baik.

4. Macam-macam Kisi-kisi Soal

Saya menyadari isi artikel ini masih banyak kekurangan. Akan tetapi saya juga akan terus meng-upgrade informasi dan berbagi berupa kisi-kisi soal.

Berbagai ragam penilaian yang ada pada satuan pendidikan jenjang smp. Maka di bawah ini Anda akan saya ajak untuk mengenali macam-macam kisi-kisi soal.

4.1 Kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PH)

Penilaian harian (PAT) adalah kegiatan penilaian yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran bab tertentu. Fungsinya untuk mengetahui kriteria ketuntasan materi siswa Anda keseharian.
Adapun kisi-kisi yang harus Anda buat adalah indikator diambil dari seluruh kompetensi dasar (KD) pada satu pertemuan atau materi tersebut. Jika dalam satu materi ada indikator maka soal disusun dari KD tersebut.

4.2 Kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian akhir tahun (PAT) dikenal juga dalam istilah lain yaitu ujian akhir sekolah (UAS).
Adapun cara pembuatan kisi-kisi soal yaitu indikator diambil dari seluruh kompetensi dasar (KD) semester 2. Jika dalam semester kedua tiga atau empat KD maka, indikator soal disusun dari seluruh KD tersebut.

4.3 Kisi-kisi Ujian Sekolah (US)

Ujian Sekolah (US) adalah penggunaan metode bahan penilaian ujian sekolah. US merupakan pengganti pelaksanaan ujian nasional (UN) sebagai penentuan kelulusan siswa Anda.

Nah, kisi-kisi yang Anda susun harus merujuk pada materi ajar secara keseluruhan. Artinya indikator soal merupakan seluruh KD pembelajaran satu atau dua jenjang.

Penilaian ini diterapkan dengan memberi banyak tantangan. Baik itu bagi Anda sebagai guru maupun siswa saat. Namun tidak menutup kemungkinan Anda berkenan melakukan penyederhanaan. Agar nilai yang Anda berikan mencerminkan kemampuan siswa Anda.

Kenapa Anda harus menyederhanakan penilaian? Karena kurikulum yang Anda ajarkan merupakan kurikulum penyesuaian. Artinya, indikator soal yang pilih tidak membebani siswa

5. Kriteria Pemilihan Kisi-kisi Soal.

1. Pemilihan bahan soal harus berupa pendalaman materi yang telah Anda ajarkan sebelumnya.
2. Pemilihan bahan soal harus materi yang dikuasai oleh siswa Anda.
bahan soal berupa materi yang sering dibutuhkan untuk mempelajari mata pelajaran lain
3. Bahan soal berkelanjutan di semua tingkatan kelas. Maksudnya adalah kisi-kisi soal harus dari sumber materi pokok. Jangan sampai Anda membuat kisi-kisi soal indikator dari materi / buku pendamping.
4. Bahan soal yang memiliki nilai terapan yang tinggi dalam kehidupan siswa Anda sehari-hari.
5. Indikator harus merangkum keseluruhan isi KD
6. Bagian-bagian komponen kisi-kisi Anda harus terperinci dan mudah dipahami
7. Komponen atau aspek muatan harus sesuai dengan indikator. Dan sesuai bentuk soal yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Kisi-kisi ini merupakan hasil rangkuman buku panduan mata pelajaran bahasa Jawa SMP kelas 7. Buku sekolah menengah pertama yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Disusun dalam bentuk Microsoft Excel dan Microsoft word. Sehingga sangat mudah di edit sesuai kebutuhan Anda.

Kisi-kisi soal PAT bahasa Jawa SMP kelas 7 ini untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa Anda. Atau dengan kata lain sebagai bahan penilaian

6. Tautan Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Jawa kelas 7

Kisi-kisi soal PAT Bahasa Jawa SMP semester 2 kelas 7 ini terdiri dari beragam bahan referensi dan pembelajaran. Atau Anda akan menyusun kisi-kisi dalam bentuk pilihan ganda dan soal uraian.
Nah, di bawah ini saya berikan tautan berbagi kisi-kisi PAT Bahasa Jawa SMP kelas 7.
Meskipun telah saya susun rapi, alangkah baiknya jika Anda memeriksa kembali untuk mengurangi kesalahan.

Kisi-kisi PAT B. Jawa kelas 7 semester 2 [download]

Demikian kisi-kisi PAT Bahasa Jawa SMP kelas 7 semester 2. Semoga menjadi bahan acuan dan referensi bagi Anda dalam menyusun soal PAT semester 2. Anda tinggal memodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda dan situasi di sekolah Anda sendiri.

Baca Juga:
Kisi-kisi PAI kelas 7 semester 1
Kisi-kisi IPA kelas 7 semester 1

Apakah informasi ini bermanfaat? Jika iya, luangkan waktu Anda sejenak dengan memberikan komentar atau berbagi pada teman Anda. Caranya silahkan klik link sosial yang ada dibawah.

Kesimpulan

Penyusunan kisi-kisi Soal PAT SMP/MTs kelas 7 merupakan sebuah kerangka dasar dalam pembuatan dan penyusunan soal. Program yang dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi.

Pada umumnya penyusunan kisi-kisi PAT disusun oleh sekelompok Guru. Yaitu sebuah organisasi yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di wilayah Anda. Dengan organisasi KKG penyusunan kisi-kisi soal PAT/UAS bisa terkordinir dan standar.