Contoh Kisi-kisi PAI SMP MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

Diposting pada

Contoh Kisi-kisi PAI SMP MTs Kelas 7 Semester 2 kurikulum 2013 Dewanguru.com. – Contoh kisi-kisi PAI SMP MTS kelas 7 semester 2 kurikulum 2013. Berbicara tentang kisi-kisi/Penilaian tak akan ada habisnya. Apalagi banyaknya ragam / model yang kita ketahui.

Namun kali ini saya akan berbagi pada Anda contoh kisi-kisi PAI SMP/MTs kelas 7 semester 2. Atau orang menyebutnya penilaian akhir tahun (PAT)

Contoh kisi-kisi PAI adalah kerangka dasar Anda susun untuk soal ulangan di akhir semester 2. Untuk penyusunan kisi-kisi soal penilaian, Anda mempunyai tujuan dalam memberi indikator. Selain itu agar peserta didik Anda melaksanakan belajar secara aktif melalui tahap demi tahap.

1. Penyusunan Contoh Kisi-Kisi PAI SMP

Contoh kisi-kisi soal PAI membantu siswa Anda mempersiapkan pelaksanaan PAT/UKK. Dan juga memudahkan Anda untuk membuat penilaian akhir tahun. Khususnya kelas 7 SMP/MTs semester 2. Dimana siswa Anda mendapatkan informasi indikator soal yang mendalam/detail (observasi).
Susunan muatan indikator soal adalah sebagai berikut:

  1. Kompetensi dasar bahan kelas/semester
  2. Materi
  3. Indikator
  4. Level/bentuk soal dan
  5. Nomor soal

2. Tujuan Kisi-Kisi PAI Untuk SMP

Contoh kisi-kisi PAI soal benar-benar menjadi sebuah acuan untuk Anda. Kenapa? Karena metode penilaian yang lebih fokus pada kemampuan pemahaman siswa Anda. Dan Anda dituntut untuk bisa/mampu untuk menyusun sendiri. Nah cobalah Anda untuk menyusun kisi-kisi soal PAI. Dengan fokus pada model soal pilihan ganda atau isian.

Akan tetapi jika Anda pernah mengunjungi konten kisi-kisi di Google, maka membuat kisi-kisi soal sangat direkomendasikan. Kenapa? Apa sih fungsinya. Nah di bawah ini uraiannya:

2.1. Mengembangkan Berpikir Tingkat Tinggi

Kisi-kisi soal yang saya bagikan pada Anda memiliki indikasi berfikir kritis dan analisis. Karena memiliki metode dimana siswa Anda dilatih untuk memahami indikator soal terhadap materi yang telah dipelajari.

Dengan demikian indikator soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa Anda. Sehingga siswa Anda berpikir kritis, analitis, sintesis. Serta mampu membuat berbagai gagasan kreatif pada materi yang telah Anda berikan.

2.2. Pendalaman Materi Lebih Kondusif

Melaksanakan indikator soal secara konsisten adalah idaman setiap guru. Bahkan siswa Anda. Apalagi pelaksanaan kisi-kisi soal dengan muatan indikator yang mudah dipahami oleh siswa Anda. Bukankah Anda juga begitu? Kenapa?

Karena model indikator soal ini dapat menciptakan pendalaman belajar siswa Anda yang kondusif. Susunan kisi-kisi yang dirancang melalui rangkaian pembelajaran siswa Anda secara sistematis. Artinya indikator soal yang fokus pada aktivitas keseharian siswa Anda.

2.3. Contoh Kisi-kisi PAI Melatih Siswa Berpikir Sistematis

Kelebihan kisi-kisi menggunakan indikator soal aktivitas keseharian siswa Anda memiki karakteristik utama. Karakter indikator soal yang terlaksana dengan runtut dan sistematis (terstrukrur)

Nah, ini Anda akan mendorong peningkatan kemampuan sistematis pada siswa Anda. Yaitu kemampuan berpikir menganalisa sebuah materi yang pernah dipelajari.

2.4. Meningkatkan Memahami Konsep

Secara umum kisi-kisi soal merujuk pada materi ajar secara keseluruhan, akan menumbuhkan pada diri siswa Anda lebih mengemas konsep dan pemahaman.

Karena siswa Anda mampu memahami konsep yang bermakna yang tidak hanya konsep hafalan, maka pemahaman siswa Anda sangat baik pada materi

2.5. Menumbuhkan Motivasi Belajar

Alasan saya berbagi kisi-kisi soal PAI kepada Anda, supaya Anda selalu fokus pada indikator soal terkait dengan kegiatan siswa sehari-hari..

Kalau Anda dapat menyusun kisi-kisi soal yang dapat menumbuhkan belajar siswa lebih aktif dan inovatif, maka tercipta suasana belajar yang tidak kaku. Suasana belajar yang tidak jenuh/bosan.
Rekomendasi dari saya, alangkah baiknya penyusunan kisi-kisi Anda melalui organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG) di wilayah Anda. Dengan adanya KKG penyusunan kisi-kisi soal PAT/UAS bisa memenuhi kriteria dan standar soal.

3. Contoh Kisi-kisi PAI SMP/MTs Kelas 7

Ada beberapa pilihan untuk Anda dalam menyusun indikator kisi-kisi soal. Karena Anda yang merumuskan indikator soal, maka Anda juga yang menentukan model dan bentuk soal. Harapan saya Anda dapat menyajikan bentuk/model soal sesuai materi ajar yang telah Anda berikan.

Nah, di bawah ini contoh beberapa jenis bentuk soal.

1. pilihan ganda
2. isi / jawaban singkat
3. jawaban uraian
4. benar atau salah
5. dan lain-lain

Anda pun dapat melakukan penilaian dalam bentuk fisik dari siswa Anda, misalnya:

  1. Laporan tertulis
  2. Karya ilmiah, atau
  3. Penugasan seperti video/audio yang mereka upload dari media sosial.

4. Tautan Kisi-kisi PAT PAI SMP Kelas 7

Nah, untuk contoh kisi-kisi soal PAT muatan indikator pemahaman siswa sudah saya jelaskan. Kini saatnya berbagi pada Anda. Saya sediakan untuk Anda download pada link yang saya sediakan di bawah ini.

Kisi-kisi PAT PAI SMP/MTs Kelas 7 [download]

Baca Juga:
1 Kisi-kisi B. Indo Kelas 7 Semester 2
2 Kisi-kisi IPA Kelas 7 Semester 2
3 Kisi-kisi IPS Kelas 7 Semester 2

Demikian Contoh kisi-kisi PAI SMP/MTs kelas 7 semester 2. Semoga setelah Anda mendapatkan indikator soal ini, penilaian pada siswa Anda lebih baik. Selain itu siswa Anda juga mampu menciptakan lingkungan belajar pada suasana yang kondusif, mengembangkan cara menerima konsep yang.

Kesimpulan
Kini Anda sudah memahami dan mempelajari contoh kisi-kisi PAI. Tentunya Anda dapat menerapkan bukan?. Karena dengan Anda memahami indikator soal, Anda mampu menyajikan kaidah-kaidah pembuatan model soal. Yaitu kaidah yang dapat diselesaikan siswa Anda melalui cara belajar yang kondusif.

Semoga artikel saya yang sederhana ini dapat membantu Anda dalam pembelajaran yang Anda gunakan. Dan juga dapat membantu rekan-rekan guru yang lain.