Kisi-Kisi IPA PAT SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013

Diposting pada

Kisi-Kisi IPA PAT SMP-MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Dewangunı.com.- Kisi-kisi IPA PAT SMP Kelas 7 kurikulum 2013. Atau kişi-kişi ulangan kenaikan kelas (UKK) adalah kerangka dasar Anda susun untuk soal ulangan di akhir semester 2. Dalam penyusunan kisi-kisi penilaian pasti Anda mempunyai tujuan untuk memberi indikator soal yang akan Anda ü]ikan. Benar bukan?

Nah, kisi-kisi IPA penilaian untuk kenaikan kelas / penilaian akhir semester dapat juga digunakan oleh siswa Anda dalam mempelajari materi yang akan Anda ujlkan. Sehingga saat pelaksanaan PAT, siswa Anda dapat mengetahui indikasi dari bentuk soal.

Selain membantu siswa Anda mempersiapkan PAT/UKK, kisi-kisi juga memudahkan Anda untuk membuat penilaian akhir tahun. Khususnya kelas 7 SMP/MTs semester 2

1. Struktur Susunan Kisi-kisi IPA

Struktur cara penyusunan kisi-kisl IPA untuk kenaikan kelas atau penilaian akhir tahun terdiri dari kompetensi dasar, bahan kelas/semester, materi, indikator, level/bentuk soal dan nomor soal.

Nah, kisi-kisi yang Anda susun harus merujuk pada materi ajar secara keseluruhan. Artinya indikator soal merupakan seluruh KD pembelajaran satu atau dua jenjang.

Kenapa Anda harus menyederhanakan penilaian? Karena kurikulum yang Anda ajarkan merupakan kurikulum penyesuaian. Artinya, indikator soal yang Anda pilih tidak membebani siswa

Jika Anda ingin mendalami tentang kisi-kisi soal, maka Anda dapat bergabung dengan organisasi KKG. Atau Anda belajar mandiri melalui situs atau blog pendidikan di google

2. Kriteria Indikator Kisi-kisi IPA

1. Bahan soal Anda pilih harus berupa pendalaman materi yang telah Anda ajarkan sebelumnya.
2. Pemilihan bahan soal harus materi yang dikuasai oleh siswa Anda. Sehingga bahan soal berupa materi yang sering dibutuhkan siswa Anda. Dimana siswa Anda tersebut bertujuan untuk mempelajari mata pelajaran lain
3. Buat bahan soal yang berkelanjutan di semua tingkatan kelas. Maksudnya adalah kisi-kisi soal yang Anda buat harus dari sumber materi pokok. Jangan sampai Anda membuat kisi-kisi soal indikator dari materi / buku pendamping.
4. Buatlah bahan soal yang memiliki nilai penerapan yang tinggi dalam kehidupan siswa Anda.
5. Indikator soal yang Anda cantumkan merupakan rangkuman keseluruhan isi KD
6. Bagian-bagian komponen kisi-kisi Anda harus terperinci dan mudah dipahami oleh siswa Anda
7. Sesuaikan komponen yang Anda muat dengan indikator yang ditetapkan oleh pihak sekolah atau KKG.

Kisi-kisi IPA PAT merupakan rangkuman buku panduan mata pelajaran IPA/ SMP kelas 7. Buku siswa SMP yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Kisi-kisi penilaian akhir tahun ini disusun dalam bentuk Excel dan Microsoft word. Jadi, sangat mudah bagi Anda untuk modifikasi sesuai kebutuhan Anda.
Selengkapnya, silahkan Anda download file kisi-kisi IPA PAT kelas 7 semester 2 kurikulum 2013.

3. Tautan Kisi-kisi PAT SMP Kelas 7

Kisi-kisi PAT SMP kelas 7 semester 2 ini untuk model bahan referensi dan pembelajaran. Artinya Anda boleh menyusun kisi-kisi dalam bentuk pilihan ganda atau pun soal uraian.
Meskipun telah saya susun rapi, alangkah baiknya jika Anda memeriksa kembali untuk mengurangi kesalahan. Nah, di bawah ini saya bagikan pada Anda tautan download kisi-kisi IPA/ PAT SMP kelas 7 semester 2.

Kisi-Kisi PAT IPA Kelas 7 [download]

Baca Juga: Kisi-isi PAT SMP Kelas 7 Semester 1 di bawah ini!
Kist-Kisi PAT IPA Kelas 7
Kisi-Kisi PAT IPS Kelas 7
Kisi-Kisi PAT PAI Kelas 7
Kisi-Kisl PAT PJOK Kelas 7

Demikian Kisi-Kisi UKK/PAT SMP/MTs kelas 7 semester 2 (Genap). Terimakasih atas kebersamaan-nya dan semoga bermanfaat.
Ikuti dewanguru.com untuk mendapatkan kabar dan perangkat pembelajaran terbaru yang Anda butuhkan dan mudah.

Kesimpulan

Penyusunan kisi-kisi Soal IPA PAT SMP/MTs kelas 7 merupakan sebuah kerangka dasar. Yaitu kerangka untuk pembuatan dan penyusunan soal. Program yang dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa Anda pada materi.
Seharusnya, penyusunan kisi-kisi IPA PAT SMP/MTs disusun oleh sekelompok Guru. Yaitu sebuah organisasi yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di wilayah Anda. Dengan adanya KKG penyusunan kisi-kisi soal PAT/UAS bisa terkordinir dan standar.