Kisi-kisi IPA PAT SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Diposting pada

Kisi-kisi IPA PAT/SMP MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Dewanguru.com. Kisi-Kisi IPA PAT SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi 2018. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi untuk Anda materi kisi-kisi soal PAT SMP/MTs Kelas 8 semester 2. materi ini merujuk pada kurikulum 2013. PAT (Penilaian Akhir Tahun) dalah program pelaksanan penilaian yang dilaksanakan setiap akhir semester 2.

Kisi-kisi IPA PAT adalah kerangka dasar bentuk matriks yang akan Anda gunakan untuk menyusun ragam soal ulangan di akhir semester 2. Yaitu pelaksanaan ulangan siswa Anda kelas 8 smp/mts semester 2/genap kurikulum 2013. Tujuan dari penyusunan soal ulangan tersebut adalah sebagai dasar kenaikan kelas siswa Anda.

PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah soal evaluasi untuk siswa Anda yang bersumber pada materi pembelajaran yang sudah Anda ajarkan sebelumnya. Baik materi pada semester ganjil dan genap. Nah, Anda ingin mendalami tentang kisi-kisi soal? Anda dapat bergabung dengan organisasi kelompok kegiatan guru (KKG). Atau Anda belajar mandiri melalui situs atau blog pendidikan di google

Prediksi Kisi-kisi IPA PAT SMP/MTs Kelas 8 

Materi PAT (penilaian akhir tahun) atau UKK (ulangan kenaikan kelas) merupakan aktivitas satuan pendidikan rutin setiap tahun. Melalui aktivitas ini diharapkan siswa Anda dapat mengembangkan pemahaman pada materi.

Kisi-kisi IPA PAT K13 SMP/MTs Kelas 8 semester 2 ini bukanlah materi pembuka/bocoran soal. Akan tetapi merupakan indikator soal untuk pemantapan siswa Anda dalam memahami materi soal-soal PAT tersebut.

Untuk pelaksanaan persiapan (pembuatan kisi-kisi soal) ulangan kenaikan kelas maka saya sediakan materi kisi-kisi PAT/UKK IPA kelas 8 kurikulum 2013. Materi ini bisa Anda jadikan bahan indikasi atau gambaran pembuatan soal.

Anda tentu tau bahwa setiap satuan pendidikan, tidak hanya harus melaksanakan proses pembelajaran. Tetapi, juga harus melaksanakan penilaian uji kompetensi sebagai upaya memahami atau mengetahui hasil belajar siswa Anda selama satu tahun.

Penyusunan Kisi-kisi IPA SMP

Nah, salah satu proses pelaksanaan persiapan penilaian tersebut adalah pembuatan kisi-kisi soal PAT. Yaitu bentuk matriks yang akan Anda gunakan untuk menyusun indikator soal penilaian akhir tahun (PAT). Atau disebut juga ulangan kenaikan kelas (UKK)

*Catatan: Matriks adalah susunan garis bilangan yang berbentuk persegi panjang yang dibatasi oleh garis dan di tentukan banyaknya elemen kolom.

Kisi-kisi IPA ini semata-mata untuk membantu Anda dan siswa Anda dalam persiapan pelaksanaan PAT/UKK. Agar pelaksanaan PAT dapat terlaksana dengan hasil yang baik dan maksimal. Khususnya untuk kelas 8 SMP/MTs semester 2.

Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi indikator soal yang saya bagikan secara mendalam/detail (observasi).
Adapun susunan muatan indikator soal PAT SMP/MTs adalah sebagai berikut:

  1. Kompetensi dasar
  2. Bahan kelas/semester
  3. Materi
  4. Indikator
  5. Level/bentuk soal
  6. Nomor soal

Tautan Soal Harian IPA SMP Kelas 8

Tujuan pelaksanaan PAT adalah untuk melaksanakan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik selama 2 semester. Dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penataan laporan kemajuan belajar peserta didik.

Contoh kisi-kisi PAT/UKK IPA kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013 ini berupa pilihan ganda dan esai yang sudah disusun merujuk pada kurikulum 2013.

Kisi-kisi IPA kelas 8 SMP MTs kurikulum 2013 secara lengkap bisa Anda download pada link di bawah ini.

Kisi-kisi IPA SMP/MTs Kelas 8 [download]

Baca Juga:
a Kisi-kisi B. Indo Kelas 8 Semester 2

1 Kisi-kisi B. Indo Kelas 7 Semester 2
2 Kisi-kisi IPA Kelas 7 Semester 2
3 Kisi-kisi IPS Kelas 7 Semester 2
4 Kisi-kisi PJOK Kelas 7 Semester 2

Demikian kisi-kisi soal IPA PAT SMP/MTs kelas VIII semester 2. Semoga setelah Anda mendapatkan indikator soal ini, penilaian pada siswa Anda lebih baik. Selain itu siswa Anda juga mampu menciptakan lingkungan belajar pada suasana yang kondusif, mengembangkan cara menerima konsep yang.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah memahami konsep dan model kisi-kisi IPA PAT SMP/MTs Kelas VIII semester 2. Tentunya Anda dapat menerapkan bukan?. Karena dengan Anda memahami indikator soal, Anda mampu menyajikan kaidah-kaidah pembuatan ragam soal. Yaitu kaidah yang dapat diselesaikan siswa Anda melalui cara belajar yang efektif dan kondusif.

Semoga artikel dari saya yang sederhana ini dapat membantu Anda dan siswa Anda. Yaitu membantu dalam persiapan pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT). Membantu dalam pembelajaran yang akan Anda gunakan. Dan juga dapat membantu rekan-rekan guru yang lain.

Diposting oleh Admin Dewanguru.com
Saya hanya sekedar ingin membantu Anda sebagai guru untuk menghadirkan perangkat pembelajaran. Seperti RPP, Silabus, materi ajar, soal dan kisi-kisi dan lain-lain. Semua sudah kami susun secara rapi dan juga hemat kertas