Contoh Tematik PPT SD MI Kelas 4 Tema 1-9 Lengkap

Diposting pada
Contoh Tematik PPT SD MI Kelas 4 Tema 1-9 Lengkap
Contoh Tematik PPT SD MI Kelas 4 Tema 1-9 Lengkap

Dewanguru.com. – Contoh tematik ppt sd mi kelas 4 tema 1-9 lengkap. Saat ini marak penggunaan powerpoint sebagai media utama pembelajaran efektif. Benarkah? Pernahkah peserta didik Anda mengatakan bahwa sistem pembelajaran sulit? Dengan alasan membosankan / kurang menarik dan sangat sulit di pahami.

Jika itu terjadi, maka Anda harus mengoptimalkan proses pembelajaran Anda. Tujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint/ppt. Lalu apa saja kelebihan powerpoint sehingga bisa mengoptimalkan proses pembelajaran anak didik Anda. Nah di bawah ini saya akan jelaskan pada Anda.

1. Kelebihan Contoh Tematik PPT SD Kelas 4

Tujuan Anda dalam menyusun materi ajar tematik ppt sd adalah memberikan pemahaman serta merubah sikap dan perilaku siswa Anda. Apalagi MS PowerPoint memiliki beberapa kelebihan yang dapat mempermudah presentasi Anda. Benar bukan? Bahkan Google pun mengakui akan kelebihan fitur MS PowerPoint.

1.1 Tematik PPT mudah dipahami

Materi tematik yang Anda susun dalam format PowerPoint membuat peserta didik lebih mengerti. Peserta didik Anda akan mudah paham pada materi yang Anda sampaikan.

1.2 Mengaktifkan Pelaksanaan pembelajaran

Dalam proses pembelajaran di kelas, gunakanlah media powerpoint presentasi. Karena powerpoint presentasi dapat meningkatkan keaktifan dan kosentrasi peserta didik Anda.

1.3 Memaksimalkan Pembelajaran SD MI.

Sebaiknya susunlah sebuah perencanaan pembelajaran. Baik dari model dan metode / strateginya. Banyak peneliti yang menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint sangat efektivi untuk pelajaran tematik.

Bagaimana, sudahkah Anda memiliki tematik ppt/powerpoint? Jika sudah saya yakin Anda adalah guru yang sukses dalam proses pembelajaran. Namun jika belum, Anda tak perlu bingung. Karena disini saya berbagi contoh tematik ppt sd mi kelas 4 tema 1-9 lengkap.
Kenapa sih kita sangat dianjurkan menyampaikan materi ajar menggunakan powerpoint? Nah, ini alasannya.

Microsoft powerpoint merupakan besutan dari paket microsoft office yang memiliki fungsi khusus. Yaitu dalam pembuatan slide dokument yang digunakan untuk presentasi. Nah ada beberapa kelebihan microsoft powerpoint yang perlu anda ketahui.

2. Kelebihan Contoh tematik PPT SD MI

Menyusun contoh tematik ppt sd mi dalam slide presentasi powerpoint tentu karena alasan tersendiri. Karena program ini memiliki sebuah fitur tampilan animasi, tayangan video serta gambar. Berikut ini kelebihan microsoft power point.

2.1 Memudahkan Presentasi

Pembuatan slide presentasi power point memang mudah. Tapi bagi anda yang akan melakukan kegiatan presentasi. Secara umum alat bantunya seperti screen projector. Anda akan membutuhkan program ini agar ketika melakukan presentasi tugas anda mudah.
Kehadiran program powerpoint tentu akan lebih mempermudah Anda dalam presentase. Anda dapat menampilkan inti dari presentasi yang Anda tujukan kepada siswa Anda. Maka Anda dapat menyiapkan sebuah slide presentasi menggunakan PPT yang mempunyai kualitas baik. Yaitu kwalitas cepat dalam hitungan jam hingga beberapa menit saja. Tentu hal ini juga tergantung dari kemampuan Anda masing masing.

2.2 Pada PPT/PowerPoint Fitur Export pdf

Keunggulan lain powerpoint adalah adanya fitur export dokumen ke format pdf. Nah, Anda dapat manfaatkan fitur ini untuk membagikan file presentasi kepada para siswa Anda. Dengan tersedianya fitur ini anda tidak perlu bingung untuk membagikan file dan dapat dipastikan para siswa dapat membuka file presentasi pdf dengan mudah.

Perlu Anda ketahui juga bahwa file pdf telah didukung oleh banyak platform. Sehingga dapat dibuka melalui berbagai platform seperti perangkat smartphone ataupun komputer.

2.3 Dilengkapi Alat Bantu yang Lengkap

Tentu saja contoh tematik ppt terbaru ini sudah pasti menyenangkan siswa Anda. Karena program PowerPoint memiliki alat bantu untuk menambahkan gambar, animasi, video. Bahkan mengubah model tulisan yang membuat hasil presentasi anda menjadi lebih sempurna.
Anda juga dapat menyisipkan audio didalam materi presentasi agar menjadi lebih menarik. Dengan begitu Anda dapat menghidupkan perasaan saat menyampaikan presentasi pada siswa Anda. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan PowerPoint dalam presentasi yang cepat dan mudah.

2.4 Tersedia fitur kolaborasi

Jika anda orang yang sibuk, pasti membutuhkan bantuan agar pengerjaan file ppt terealisasi seluruhnya. Nah, dengan fitur kolaborasi yang dimiliki oleh PowerPoint, Anda dapat menyelesaikan presentasi dengan cepat. Pengerjaan tersebut dengan partner online anda. Baik dari tempat maupun komputer yang berbeda.

Baca Juga:
1 Tematik PowerPoint Kelas 1
2 Tematik PowerPoint Kelas 2
3 Tematik PowerPoint Kelas 3
4 Tematik PowerPoint Kelas 5
5 Tematik PowerPoint Kelas 6

2.5 Memiliki Fitur authoring yang Handal

Anda pasti ingin melindungi ppt Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Mungkin meng-copy atau tindakan yang melanggar hak cipta Anda. Nah, microsoft PowerPoint/ppt memiliki metode untuk mengatasi hal tersebut. PowerPoint memiliki fitur authoring yang baik dalam menjaga keutuhan presentasi Anda. Sehingga hak cipta Anda tidak berpihak pada orang yang tidak bertanggung jawab. Kecuali atas persetujuan anda.

2.6 Banyak Pilihan Template

Penyusunan tematik ppt memiliki kelebihan template yang beragam. Sebelum menyusun presentasi ada pilihan template untuk Anda. Sehingga Anda dapat mendesain sesuai selera anda. Sekarang template microsoft PowerPoint bertebaran secara gratis di google.

Fungsi media pembelajaran
a. Memperjelas pesan agar tidak terlalu hafalan/verbalistis.
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
c. Menumbuhkan motivasi belajar siswa anda.
d. Interaksi langsung antara siswa anda dengan sumber belajar.
e. Menumbuhkan minat sesuai dengan bakat
f. Menumbuhkan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya.
g. Memberi rangsangan yang sama
h. Mempersamakan pengalaman
i. Menanamkan persamaan persepsi

Kontribusi Media Pembelajaran
a. Penyampaian materi pembelajaran lebih terstandar
b. Metode pembelajaran dapat lebih menarik
c. Teori belajar menjadi lebih interaktif
d. Waktu pembelajaran dapat diperpendek
e. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
f. Proses pembelajaran dapat berlangsung sesui waktu yang diperlukan
g. Sikap siswa terhadap materi pembelajaran lebih positif
h. Peran guru lebih kearah yang positif

3. Materi Contoh Tamatik PPT/PowerPoint Kelas 4

3.1 Pelajaran Tematik Kelas 4 Semester 1

Penyajian tematik ppt terbaru k13 kelas 3 SD MI dilengkapi dengan gambar animasi. Sehingga mudah untuk disampaikan pada anak didik Anda. Nah, di bawah ini materinya!
1 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh 

2 Tema 2 Berhemat Energi
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

3 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

3.2 Pelajaran Tematik kelas 4 Semester 2

1 Tema 5 Pahlawanku
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3 unduh

2 Tema 6 . Tema 6 Cita-citaku
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

3 Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

5 Tema 9 Kayanya Negeriku
   a subtema 1unduh
   b subtema 2unduh
   c subtema 3unduh

Nah, file tematik ppt sd terbaru k13 kelas 4 sudah saya bagikan pada Anda. Jika Anda Ingin mendapatkan materi tematik PowerPoint kelas 7 8 9 SMP / MTs silahkan KLIK DISINI.

Motif aplikasi powerpoint sebagai media presentase materi ajar memang sangat menyenangkan. Maka wajar kalau banyak diminati oleh para siswa dan guru. Bahkan media materi ajar tematik ppt menjadi trending saat ini. Metode pembelajarannya pun beragam. Baik pembelajaran dalam kelas maupun di luar kelas.

Kesimpulan

Saya sebagai admin dewanguru.com selalu berbagi. Diantaranya adalah Materi ajar tematik ppt terbaru k13 kelas 3. Untuk jenjang sd mi semester 1 dan 2 secara lengkap lengkap. Namun materi yang saya bagikan akan lebih bermanfaat jika Anda menggunakan media teknologi. Seperti komputer / laptop, android, VCD/plashdish, proyektor, audio/sound dan sebagainya.
Jika tidak maka proses pelaksanaan pembelajaran Anda kurang efektif. Demikian yang dapat saya uraikan semoga sukses selalu. Aamiin.