Cara Memotivasi Minat Membaca Pada Anak

Diposting pada

cara memotivasi minat membaca pada anak

Begitu tingginya nilai-nilai pengetahuan yang diharapkan kepada anak, sehingga untuk mencapainya harus ditempuh dengan cara memotivasi minat membaca pada anak melalui berbagai metode atau pun strategi.

Dan  cara yang paling efisien untuk mendapatkan pengetahuan tersebut adalah dengan banyak/gemar  membaca. Karena dari gemar membaca  anak akan memiliki pengetahuan yang tinggi dan berpikir kritis, berwawasan dan punya ide gagasan yang sangat berguna untuk mandiri. 

Membaca  adalah hal yang sangat menyenangkan. kalau  kita ingin bercermin, semua negara-negara yang maju. penduduknya memiliki kualitas dan kuantitas membaca dari negara-negara lainnya.

Pernah  dimuat dalam sebuah surat kabar di tahun 2010, Indonesia memiliki nilai indeks membaca sekitar 0,001. Artinya, dari seribu orang hanya ada satu orang saja yang memiliki minat baca yang sangat tinggi. Bila dibandingkan dengan Amerika yang memiliki indeks membaca 0,45 dan Singapura yang memiliki indeks 0,55, betapa rendahnya minat baca bangsa kita ini.

Sementara itu Jepang  memiliki indeks 17 lebih. Melalui  survei UNESCO, budaya baca masyarakat Indonesia berada dalam urutan 38 dari 39 negara yang paling rendah minat bacanya di kawasan ASEAN.Jadi, cara paling efektif untuk meningkatkan kemajuan bangsa,  dapat dimulai dari satu hal yaitu: membaca.

Nah, yang jadi permasalahan  jika anak kita kurang minat membacanya, tentu kurang optimalnya potensi yang ada pada dirinya. Untuk menumbuh kembangkan gemar membaca pada pribadi anak, yuk kita coba dengan beberapa strategi di rumah. Semoga berhasil.’ Aamiiin …!

 1. Tersedianya Berbagai macam Buku Bacaan  di Rumah

Sebuah pernyataan dari seorang pakar pendidikan (Dr.VERNON A. MAGNESEN ) mengatakan “ aktifitas belajar yang sangat efektif adalah: 10 % dari apa yang kita baca”

Beragamnya buku merupakan sumber pengetahuan bagi pemilik dan pembacanya. Buku-buku tersebut bisa didapat di perpustakaan maupun toko buku. Dengan tersedianya buku di rumah, maka besar kemungkinan anak-anak Anda akan timbul rasa ingin tahu tentang isi / informasi dalam buku tersebut.

Terlebih lagi apabila Anda juga ada rasa ingin tahu tentang informasi pengetahuan yang  baru, jadi Anda bisa menemani untuk ikut  membaca.

Nah, dengan adanya berbagai macam buku yang tersedia dirumah dan ditemani oleh orang tua, maka anak-anak akan tumbuh minat baca dan akan bereksplorasi dengan buku-buku tersebut. Penerapan cara memotivasi minat membaca pada anak, cepat atau lambat anak-anak Anda  akan ketergantungan serta  menyadari betapa pentingnya membaca.

2. Berikan Media Bacaan Alat Modern

.Perkembangan zaman yang sangat pesat dapat juga dijadikan sebagai motivasi minat baca pada anak-anak Anda. Betapa tidak, selain bahan bacaan didapatkan dari buku, bisa juga didapatkan melalui e-book atau elektronik yang banyak ditemui pada layanan aplikasi di internet.

Bahkan pada media tersebut, anak-anak dapat membaca berita-berita yang akurat sehingga menjadi salah satu sumber proses belajar.

Namun sangat perlu digaris bawahi anak-anak harus dalam pengawasan ketat dari orangtua. Karena informasi yang baik dan buruk  juga mudah didapati yang terkadang anak-anak kurang mampu untuk menyaring baik dan buruknya bacaan pada media tersebut.

Kunjungi Juga Artikel Penting Lainya

Contoh RPP Satu Lembar Akidah Akhlak Kelas 1-6 Semester 1

Contoh RPP Satu Lembar Akidah Akhlak Kelas 1-6 Semester 2

Contoh RPP Satu Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas 1-6 Semester 1

Contoh RPP Satu Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas 1-6 Semester 2

Jadi, selain kita mengajarkan dan menumbuh kembangkan gemar membaca buku pada anak-anak, berikan pula motivasi untuk mencari informasi keberadaan bahan bacaan melalui internet secara benar. Ini sangat penting agar anak-anak kita nantinya tidak mudah terpengaruh oleh Hoax dan mampu mengakses informasi di internet dengan baik.

3. Mendampingi dan Mendiskusikan Topik yang Dibaca

Satu hal yang harus orangtua lakukan agar anak tumbuh menjadi penggemar membaca informasi (buku maupun internet), yaitu berpartisipasi dalam kegiatan proses membaca atau  belajar anak. Proses pembelajaran untuk menumbuh kembangkan minat membaca pada anak akan percuma apabila tidak disertai partisipasi orangtua. Akan lebih baik lagi, orangtua mendiskusikan materi yang sedang dibaca oleh anak.

Keterlibatan Anda untuk menyertai anak dalam proses membaca sangatlah perlu. Karena  terkadang anak  tidak bisa secara optimal dalam menyaring informasi yang baik dan benar.

Anda harus selalu proaktif, walaupun rasa lelah/capek karena seharian kerja keras, karena dia tidak akan tahu bagaimana Anda, yang dia tahu bahwa orang tuanya sangat memperhatikannya. Oleh karenanya, sekali saja anak itu mendapatkan  sikap pasif dari orangtua, maka akan kecewa dan   membuatnya turun semangat belajarnya.

Kalau sudah demikian kejadiannya, maka untuk mengembalikan pada kreatifitas belajar tidaklah mudah. Makanya proaktif terhadap kreatifitas anak harus selalu ada.

Kunjungi Juga: RPP Satu Halaman/Lembar SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

4. Berikan Buku Yang Sesuai Dengan Umurnya

Anak Anda bisa saja tumbuh memiliki minat baca sejak dini dengan menyediakan macam-macam buku bacaan di rumah.

salah satu cara memotivasi minat membaca pada anak yaitu menyediakan buku-buku bacaan dirumah yang disesuaikan dengan usia dan karakternya. Jangan memberikan buku yang tidak sesuai dengan usia karena terlalu ambisi ingin memiliki anak yang cerdas dan berwawasan.

Tentu akibatnya sangat tidak baik. Hal itu justru akan membuat anak akan memicu malas belajar dan cepat bosan.  Kalau sudah demikian, bukankah Anda sebagai orangtu akan rugi?

Semuanya perlu proses dan waktu. Untuk itu, biarkan anak bersenang-senang dengan buku yang menyenangkan. Jika sudah waktunya lama-lama membaca bukan sekedar kewajiban, tetapi menjadi sebuah kebutuhan yang sangat ditekuni oleh anak-anak asalkan bahan bacaan tersebut sesuai dengan usianya.

5. Perkenalkan Dengan Perpustakaan / Toko Buku

Bagi Anda yang tinggal di kota besar dapat mengakses ke perpustakaan modern berteknologi dengan sangat mudah. Sesekali dalam akhir minggu mengajak anak pergi / berkunjung ke perpustakaan tentu satu tindakan yang sangatlah mendidik.

Cara Memotivasi Minat Membaca Pada Anak

Akan tetapi bagi yang berada di daerah terpencil tidaklah mudah untuk menemukan perpustakaan.

Walaupun begitu, pengenalan pada sumber bacaan tentu harus tetap dilakukan.

Misalnya, tatkala libur sekolah ajaklah anak Anda ke satu  tempat wisata yang disitu  terdapat perpustakaan atau taman  bacaan  untuk orang-orang yang datang.

Hal tersebut akan membuat anak senang pada buku sehingga anak kaya akan macam-macam informasi  yang bermanaat.

Ibarat kata “ Sambil mendayung dua tiga pulau  dapat  terlampaui”, demikian pula tatkala  Anda di perpustakaan bersama anak Anda, maka Anda akan mendapatkan beberapa pembelajaran pada  anak  Anda  yaitu pengetahuan dan kebaikan sikap.

Nah sampai disini cara untuk menumbuh  kembangkan minat baca pada anak-anak sejak dini. Tidak terlalu berat asalkan Anda melakukannya dengan ikhlas. Karena hanya dengan keikhlasan, segala tugas maupun beban  akan terasa ringan.

Mudah-mudahan….

2 komentar

Tinggalkan Balasan