Contoh RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 3 Semester 1

Diposting pada

Contoh RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 3 Semester 1 Dewanguru.com.– RPP yang kami bagikan merupakan pengejawantahan dari Kurikulum 2013 yaitu edisi Revisi 2018. Perangkat yang terintegrasi sebagai kecakapan abad 21, pembelajaran HOTS, serta muatan Literasi. Sekarang admin akan berbagi Contoh RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 3 Semester 1 dengan merujuk pada surat edaran menteri pendidikan No 14 Tahun 2019 tentang RPP yang disederhanakan.

Model Contoh RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits

Model dan strategi pembelajaran tetap diselenggarakan untuk mengembangkan seluruh potensi siswa dengan penggunaan atau penerapan pendekatan, pembelajaran yang inovatif. Strategi pembelajaran tersebut bertumpu pada keaktifan belajar siswa (student centered learning / SCL). Demikian pula dengan RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 3 lebih kontekstual, dapat memanfaatkan sumber belajar studi agama.

Strategi pendidikan yang integratif dengan materi pembelajaran guru. Sebagai acuannya adalah: Peraturan Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 standar Penyusunan RPP yang di sederhanakan menjadi tiga komponen yaitu: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Assesment / Penilaian.

Silahkan download RPP Satu Lembar Al-Qur’an Hadits SD/MI Kelas 3 semester 1 secara gratis

( RPP satu Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 3)

Download Juga:
RPP Satu Lembar Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Lembar Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 6 Semester 1
Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 6 Semester 2

RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia SD/MI 

Untuk pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan tersebut, terlebih dahulu kita analisa pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran. Kemudian setelah mengetahui, diharapkan kita dapat melaksanakan dalam proses pembelajaran. yang merujuk pada tiga komponen diatas.

Untuk menambah ide atau gagasan, dapat pula menggunakan video tentang pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang berbasis student centered learning (SCL).

Cara Penyusunan RPP Satu Tingkat SD/MI

Kami sebagai admin dalam menyusun RPP satu lembar / halaman kurikulum 2019 dengan pendekatan saintifik. Untuk mempermudah penyusunan berikut pengertian pendekatan pembelajaran saintifik atau yang lebih dikenal dengan sebutan 5 M :

Berikut ini ulasannya secara singkat:
1. Mengamati, yaitu kegiatan mengidentifikasi objek melalui penginderaan. Indera penglihat (membaca dan menyimak), mendengar, pengrasa dan peraba.

2. Menanya,adalah kegiatan mengungkapkan suatu yang ingin diketahuinya. Baik yang berhubungan dengan, peristiwa maupun proses tertentu. Contoh pertanyaan dapat secara lisan mapun tulisan. Dapat pula berupa kalimat yang hipotesis sehingga siswa dapat merumuskan masalah secara mandiri.

3. Mengumpulkan data,( Mengekplorasi/menalar) yaitu kegiatan untuk mencari informasi untuk dianalisa dan disimpulkan. Pelaksanaan kegiatan ini bisa dilakukan dengan membaca buku, observasi, uji coba, membagikan kuesioner, wawancara, dan lain-lain.

Artikel Terkait:
Soal-soal UAS / PAS Untuk SD/MI Kelas 1 – 6 tahun ajaran 2019

Media Pembelajaran Modern

Cara Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme Pada Anak Didik

4. Mengasosiasi atau mencoba. Ini adalah kegiatan mengolah data dalam berbagai aktivitas fisik dan pikiran dibantu media tertentu. Caranya dengan klasifikasi, menghitung, mengurutkan, membagi, dan menyusun data agar menjadi informatif. Sertakan sumber data agar lebih bermakna.

5. Mengomunikasikan (diskusi / networking) : kegiatan siswa untuk mendeskripsikan dan menyampaikan temuannya dari hasil kegiatan mengamati, menanya, mengekplorasi dan mengolah data, serta mencoba yang ditujukan kepada orang lain.

RPP perlu dipersiapkan karena merupakan kumpulan strategi dan pedoman pelaksanaan dalam mengajar pada edisi terbaru.

Demikian Contoh RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits untuk SD/MI. Apabila ada kesalahan dalam isi maupun penulisan, kami harap kritik dan sarannya pada kolom komentar. Kami akan menerimanya dengan senang hati. Semoga bermanfaat. Amiiin
Wassalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

1 komentar

Tinggalkan Balasan