RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 5 Semester 1

Diposting pada

rpp 1 halaman al-qur'an hadits kelas 5 semester 1 Assalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. RPP yang kami bagikan merupakan pengejawantahan dari Kurikulum 2013 yaitu edisi Revisi 2018. Perangkat yang terintegrasi sebagai kecakapan abad 21, pembelajaran HOTS, serta muatan Literasi. Sekarang admin akan RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 5 Semester 1 dengan merujuk pada surat edaran Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 tentang RPP yang disederhanakan.

Motode RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits

Motode dan strategi pembelajaran tetap diselenggarakan untuk mengembangkan seluruh potensi siswa dengan penggunaan atau penerapan pendekatan, pembelajaran yang inovatif. Strategi pembelajaran tersebut bertumpu pada keaktifan belajar siswa (student centered learning / SCL). Demikian pula dengan RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits lebih kontekstual, dapat memanfaatkan sumber belajar studi agama.

Strategi pendidikan yang integratif dengan materi pembelajaran guru. Sebagai acuannya adalah: Peraturan Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 standar Penyusunan RPP yang di sederhanakan menjadi tiga komponen yaitu: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Assesment / Penilaian.

Silahkan download RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits secara gratis dibawah ini
( RPP 1 Halaman Al-Qur’an Hadits Kelas 5 Semester 1)

Download Juga:
RPP Satu Lembar Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Lembar Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1- 6 Semester 2

Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1
Silabus Penjas / PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 2

RPP Satu Lembar Akidah Akhlak SD/MI Kelas 1- 6 Semester 1
RPP Satu Lembar Akidah Akhlak SD/MI Kelas 6 Semester 2

Untuk pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan tersebut, terlebih dahulu kita analisa pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran. Kemudian setelah mengetahui, diharapkan kita dapat melaksanakan dalam proses pembelajaran. yang merujuk pada tiga komponen diatas.

Untuk menambah ide atau gagasan, dapat pula menggunakan video tentang pengertian pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang berbasis student centered learning (SCL).

Prinsip Penyusunan RPP Tingkat SD/MI

Kami sebagai admin dalam menyusun RPP satu lembar / halaman kurikulum 2019 dengan pendekatan saintifik. Untuk mempermudah penyusunan berikut pengertian pendekatan pembelajaran saintifik atau yang lebih dikenal dengan sebutan 5 M :

Berikut ini ulasannya secara singkat:
1. Mengamati, yaitu kegiatan mengidentifikasi objek melalui penginderaan. Indera penglihat (membaca dan menyimak), mendengar, pengrasa dan peraba.

2. Menanya,adalah kegiatan mengungkapkan suatu yang ingin diketahuinya. Baik yang berhubungan dengan, peristiwamaupun proses tertentu. Contoh pertanyaan dapat secara lisan mapun tulisan. Dapat pula berupa kalimat yang hipotesis sehingga siswa dapat merumuskan masalah secara mandiri.

3. Mengumpulkan data,( Mengekplorasi/menalar) yaitu kegiatan untuk mencari informasi untuk dianalisa dan disimpulkan. Pelaksanaan kegiatan ini bisa dilakukan dengan membaca buku, observasi, uji coba, membagikan kuesioner, wawancara, dan lain-lain.

Artikel Terkait:
Soal-soal UAS untuk SD/MI Kelas 1 – 6 tahun ajaran 2019-2020
Cara Memotivasi Minat Membaca Pada Anak
Sri Mulyani Tersindir Setelah Membaca Pidato Nadiem Makarim
Mengenal Media Pembelajaran Modern

4. Mengasosiasi atau mencoba. Ini adalah kegiatan mengolah data dalam berbagai aktivitas fisik dan pikiran dibantu media tertentu. Caranya dengan klasifikasi, menghitung, mengurutkan, membagi, dan menyusun data agar menjadi informatif. Sertakan sumber data agar lebih bermakna.

5. Mengomunikasikan (diskusi / networking) : kegiatan siswa untuk mendeskripsikan dan menyampaikan temuannya dari hasil kegiatan mengamati, menanya, mengekplorasi dan mengolah data, serta mencoba yang ditujukan kepada orang lain.

Demikian Format RPP Satu Halaman Al-Qur’an Hadits untuk SD/MI. Jika terdapat kesalahan dalam isi maupun penulisan, kami harap kritik dan saran dari pembaca pada kolom komentar. Kami akan menerimanya dengan senang hati. Semoga bermanfaat. Amiiin

Kesimpulan

Anda tidak perlu ragu atau pun khawatir mengenai RPP ini. Karena RPP ini merupakan terbaru, maka saya dan rekan guru yang lain menyusun dari buku tematik revisi yang baru. Sesuai dengan perangkat pembelajaran yang disusun untuk penggunaan kurikulum 2022. Jadi saya dan rekan guru dalam menyusun RPP mengacu pada RPP untuk materi revisi terbaru.

Nah, oleh karena sumber materi saya adalah buku dan kurikulum yang terbaru, maka dalam membuat rpp saya mengacu pada materi pokok terbaru 2022.

Yok, Tingkatkan Skill Merdeka Belajar Anda Bersama Dewanguru.com”

Wassalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Tinggalkan Balasan