Motivasi Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Diposting pada

Salah seorang tokoh pendidikan Indonesia Henny Supolo memberikan komentar pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada acara Hari Guru, sebagai motivasi perkembangan pendidikan di Indonesia.

motivasi perkembangan pendidikan di indonesia

Henny Supolo yang juga sebagai Ketua Yayasan Cahaya Guru itu mengatakan, motivasi untuk memerdekakan guru merupakan poin yang menarik dan serius dalam pidato Nadiem Makarim (Mendikbud).

Inti dari  pidato Nadiem adalah berupa “Ajakan memerdekakan diri dalam dunia pendidikan. Dan pidato tersebut bisa sebagai penyegar. Kesadarannya bahwa guru yang merdeka akan merubah situasi lingkungan menjadi lebih menyenangkan dalam  proses pembelajaran,” kata Henny – Minggu, 24 November 2019.

Dia (Henny Supolo) menjelaskan, dorongan Nadiem untuk  memerdekakan  guru itu adalah  sejalan dengan pemikiran / ide Ki Hadjar Dewantara yang menekankan betapa pentingnya kemerdekaan guru untuk berpikir. Maka dari itu, harus dimulai dari pribadi guru.

Banyak dibaca:

Sri Mulyani Tersindir Setelah Membaca Pidato Nadiem Makarim

Perubahan Kurikulum Pendidikan Dasar Hingga Menengah

Hapus Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

Pentingnya Sosok Guru Dalam Mempertahankan Seni Budaya Bangsa

Cara Memulai pelajaran yang Baik dan Benar

Pembangunan SDM pada masa jokowi

Download Administrasi Sekolah

“Sejauh pendidikan yang pernah saya  ikuti, baru sekarang inilah yang benar-benar  ditekankan / di tegaskan  oleh seorang menteri. Dalam hal ini kita benar-benar mendapatkan perhatian dari  menteri pendidikan,” kata Henny.

Namun Sebelumnya, telah beredar salinan pidato atas nama Mendikbud Nadiem Makarim didalam  upacara memperingati Hari Guru nasional pada tanggal 25 November 2019 di beberapa media sosial.

Isi pidato Mendikbud tersebut memaparkan seputar persoalan cukup komplek yang dihadapi oleh para guru. “Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda semenarnya  adalah yang termulia dan  sekaligus yang tersulit. Anda (guru) ditugaskan untuk membentuk anak didik demi masa depan bangsa. Akan tetapi anda / guru lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.”

Motivasi Kemerdekaan Pendidikan Bukan Omong Kosong

Dalam naskah  salinan pidatonya, Mendikbud  mengatakan tidak akan membuat janji kosong kepada para guru, tetapi akan berjuang untuk kemerdekaan kegiatan  belajar di negara  Indonesia. Ia mengatakan pula, perubahan tidak dapat hanya  dimulai dari atas, akan  tetapi berawal dan berakhir pada  guru.

Menurutnya, Para guru juga diminta untuk tidak menunggu aba-aba dan perintah. Tetapi segeralah mengambil langkah pertama dan perubahan kecil di dalam  kelas. Contohnya, mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.

Kemudian memberikan kesempatan atau pun  kepada murid untuk mencoba mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial agar  melibatkan seluruh kelas. Temukan bakat pada  diri murid yang masih  kurang percaya diri. Dan tawarkan bantuan pertolongan  kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Semoga motivasi perkembangan pendidikan di Indonesia akan terlaksana. Amiiin.

Salam dari Dewanguru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.